Lolos dari Jebakan, Beruang Madu Kembali Tampakkan Diri di Pelalawan

BERUANG.jpg
(INTERNET)


RIAU ONLINE, PELALAWAN - Ketua RW 06 Dusun Teluk Mundur Kelurahan Pelalawan, Nasib mengungkapan beruang madu yang mereror warga dalam dua hari terakhir kembali menampakkan diri ke perkampungan.

Bahkan, masyarakat sempat bertemu dan melihat jejak di jalur perlintasannya. Sayangnya, beruang tersebut tidak masuk ke dalam jebakan kerangkeng yang sudah dipasang sejak Kamis, 6 September lalu itu.

"Kemarin nampak yang hitam besar itu di lehernya warna kemerahan. Tapi enggak masuk ke jebakan," kata Nasib, Rabu, 12 September 2018.

Namun, umpan yang dipasang dalam jebakan kerangkeng tersebut tampak habis. Warga mengira umpan ikan itu habis dimakan hewan lain seperti biawak.

"Umpannya dimakan, tapi enggak beruang yang makan. Itu biawak yang makan," ucapnya.

Seperti diketahui, selama dua pekan terakhir masyarakat di Dusun Teluk Mundur Kelurahan Pelalawan Kecamatan Pelalawan tengah diresahkan dengan kemunculan kawanan beruang yang belakangan diketahui beruang madu.

Kawanan beruang tersebut telah memangsa puluhan ternak unggas milik warga, merusak kandang ternak bahkan rumah warga.

Untuk itu, tim gabungan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, perangkat kelurahan, kepolisian, serta masyarakat memasang jebakan kerangkeng pada Kamis pekan lalu untuk menangkap beruang madu tersebut.

Namun, hingga kini upaya tersebut belum membuahkan hasil. Belum ada satu pun beruang yang terjebak di kerangkeng tersebut. (****)