Maksimalkan Potensi Sungai, Riau Bisa Seperti Korea Selatan

ilustrasi-sungai.jpg
(Net)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski dianugerahi wilayah yang kaya dengan sungai, namun Riau belum mampu memaksimalkan potensi yang bisa didapatkan dari anugerah tersebut.

Sebut saja sejumlah sungai besar di Riau, Sungai Siak, Sungai Kampar, Sungai Indragiri, dan Sungai Rokan.

Salah seorang anggota DPRD Riau Suhardiman Amby berpendapat sudah seharusnya Pemerintah Provinsi Riau membuat tata kelola yang jauh lebih baik dari sekarang dalam mengelola sungai.

"Tata kelola harus lebih dimaksimalkan, kita bisa meniru seperti di Korsel, Spanyol dan negara maju lainnya, sungai menambah keindahan kotanya," ujar Politisi asal Kuantan Singingi ini, Minggu, 2 September 2018.

Dikatakan Politisi yang kerap disapa Datuk ini, konsep yang sudah diterapkan di beberapa negara maju ini disebut Water Front City, dan bisa diadopsi oleh Riau.

"Sungai kita banyak, tapi tidak dimaksimalkan, sungai Indragiri misalnya, kalau kita bangun secara baik, itu bisa cantik. Ini juga bisa jadi upaya kita menjaga kebersihan sungai yang mulai tercemar oleh limbah pabrik perusahaan perusak lingkungan," jelasnya.

Diakui Datuk, dalam penerapan konsep Water Front City ini, akan banyak memakan korban yakni banyaknya masyarakat pinggiran sungai yang akan direlokasi.

"Memang memakan banyak korban, itu radius 500 meter harus dibersihkan, sementara masyarakat Melayu Riau kan hidupnya di pinggir sungai," tambahnya.

Pun begitu, lanjut Datuk, Pemprov Riau bisa memulainya dari pinggiran sungai yang saat ini masih berupa hutan seperti di pinggiran sungai Desa Okura, Rumbai Pesisir.

"Itu kan masih banyak hutannya, kita coba di sana, kalau semua bersinergisitas bisa kok, tidak ada yang tidak mungkin, sudah saatnya kita menjaga sungai kita," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id