Aktual, Independen dan Terpercaya


Tepuk Tepung Tawar Sandiaga Uno: LAM Riau: Tidak Politik, Ini Adat

Ketua-Dewan-Pimpinan-Harian-DPH-LAM-Riau-Datuk-Sri-Syahril-Abubakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menyatakan undangan kepada Sandiaga Uno dalam prosesi adat tepuk tepung tawar yang direncanakan pada tanggal 4 September mendatang murni dalam konteks adat.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAMR Datuk Syahril Abubakar, menurutnya hal tersebut tidak perlu disangkutpautkan dengan politik.

"LAMR tidak berpolitik, tapi ini lebih kepada adat, Sandi kan anak kemenakan kita, lahir dan besar disini, ayahnya bekerja sampai pensiun disini," ungkap Datuk Syahril, Sabtu, 1 September 2018.

"Pak Kapolda baru juga kita tepuk tepung tawar beberapa hari yang lalu, tepuk tepung tawar ini kan doa, kita berdoa semoga beliau berbuat baik di kampung kita dan bisa sukses," ujarnya.

Dijelaskan Datuk Syahril, melalui sepak terjangnya selama ini, Sandiaga Uno sudah mengharumkan nama Riau terlebih beliau akan menjadi Calon Wakil Presiden pada Pilpres 2019 nanti.

"Ada 200 juta lebih masyarakat Indonesia, hanya ada 4 nama dalam Pilpres nanti, salah satunya dari Riau. Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk anak cucu kita, bahwa orang Riau ini bisa memimpin bangsa," jelasnya.

Dikatakan Datuk, majunya Sandi dalam Pilpres turut serta membawa harum nama Riau di tingkat Nasional, apalagi dalam 73 tahun umur Indonesia hanya dua orang Riau yang menjadi menteri.

Lebih lanjut, Datuk Syahril menyadari akan ada pihak yang menilai LAMR berpihak kepada salah satu calon dalam Pilpres 2019 nanti, namun pihaknya mengakui ini semua murni adat.

"Makanya kita gelar ini sebelum penetapan calon, salah satunya untuk menghindari tuduhan muatan politik ini," tutupnya.

Sebelumya, dalam surat undangan LAMR bernomor: B-476/LAMR/VIII/2018, akan dilaksanakan acara tepuk tepung tawar kepada Sandiaga Uno pada Senin 4 September 2018 sekitar pukul 15.00 WIB di Balai Adat Melayu Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Dalam surat undangan itu, LAMR juga meminta agar pengurus LAM di 12 Kabupaten di Riau untuk mengirimkan dua wakilnya dengan menggunakan baju melayu lengkap.

Untuk diketahui, Sandiaga Uno sendiri merupakan putera kelahiran Rumbai, Pekanbaru, Riau. Ia dikenal sebagai salah satu sosok pengusaha Indonesia yang sangat sukses. Selain sebagai pengusaha, ia juga berhasil menang dalam pilkada serentak 2017 dan menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.