Dinkes Riau Optimis Lampaui Target Imunisasi Vaksin MR

ilustrasi-pemberian-vaksin2.jpg
(Suara.com)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir optimis upaya untuk memberantas penyakit rubella atau campak jerman melalui imunisasi MR akan berjalan dengan sukses di Provinsi Riau.

Pasalnya, selain telah terbitnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai vaksin MR juga telah terjadi pertemuan antara Menteri Kesehatan dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dan MUI pusat, Kadinkes sampai MUI provinsi seIndonesia.

"Kita tetap masih berpegang pada surat edaran yang telah diterbitkan yaitu tetap melaksanakan imunisasi MR di Provinsi Riau. Itu semua karena telah terjadi pertemuan antara Menteri Kesehatan dengan Dirjen P2P, MUI pusat, Kadinkes, MUI provinsi se Indonesia dan adanya fatwa MUI nomor 33/2018," katanya, Selasa, 28 Agustus 2018.

Sehingga, target yang baru terealisasi sebesar 13.5 persen akan terus meningkat berkat pertemuan dan terbitnya fatwa MUI itu.

"Kita harapkan program dari pemerintah pusat dan target kita dapat terealisasi dengan baik," tegasnya.

Setelah sukses dengan pencapaian 97 persen pada tahap pertama di Pulau Jawa, imunisasi Campak dan Measless Rubella (MR) untuk tahap kedua akan dilaksanakan di Bumi Lancang Kuning. Penyelenggarannya sudah dimulai pada awal Agustus dan berakhir pada September mendatang.