Kukerta UR Ajari Warga Sungai Ara Inhil Bikin Nata de Coco

KKN-Tematik-UR.jpg
(Istimewa)

Laporan: NANDA FADILLA

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik Universitas Riau (UR) memberikan pelatihan kepada warga Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir untuk membuat nata de coco, Senin 20 Agustus 2018.

Koordinator Desa, Fadhel mengatakan, Desa Sungai Ara merupakan salah satu desa kelapa dengan penghasil kopra di Indragiri Hilir. Selama ini, warga hanya memanfaatkan daging kelapanya saja. Sementara airnya tidak dimanfaatkan secara optimal.

"Selama satu bulan berada di Desa Sungai Ara, kami melihat air kelapa tua yang akan diolah menjadi kopra dibuang begitu saja. Padahal apabila dimanfaatkan dapat dijadikan olahan dengan nilai jual yang lebih tinggi. Hal inilah yang memunculkan ide untuk membuat olahan nata de coco dari air kelapa," tambahnya.

Program ini sejalan dengan tema pengabdian Kukerta 2018, "Peningkatan Kemandirian ekonomi Pedesaan melalui Wisata."

Sehingga, melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan nata de coco ini diharapkan membuka mata masyarakat akan peluang usaha industri rumah tangga nata de coco.

Tidak hanya sosialisasi dan pelatihan, Tim Kukerta Tematik Desa Sungai Ara juga menjembatani masyarakat agar bermitra dengan pengusaha nata de coco di Tembilahan.

Sehingga apabila masyarakat beniat untuk membuat industri rumah tangga tidak harus kesulitan mencari pasar. Mereka juga akan melakukan pendampingan bagi masyarakat yang serius untuk membuat industri rumah tangga nata de coco.

Sosialisasi dan pelatihan ini mendapat sambutan positif dari warga. Diungkapkan Ketua Penggerak PKK Desa Sungai Ara, Zainab, kegiatan ini sangat bermaanfaat bagi masyarakat desa. Terlebih lagi bagi ibu-ibu.

Dengan keterampilan ini akan dapat memiliki usaha sampingan membantu perekonomian keluarga.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id