Ahmad Hijazi: Kita Imbau Masyarakat Riau Laksanakan Ibadah Kurban

Bupati-Wardan-meninjau-lokasi-pemotongan-hewan-kurban.jpg
(Dedy Purwadi)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ibadah kurban yang jatuh antara 10 sampai 13 Zulhijjah haruslah dimanfaatkan dengan baik oleh umat Islam khususnya masyarakat Riau.

Ustad Ahmad Hijazi mengatakan bahwa meneladani kepatuhan mutlak nabi Ibrahim alaihi salam kepada perintah Allah merupakan salah satu contoh hikmah yang terkandung dalam perintah berkurban.

"Kita imbau kepada masyarakat Riau untuk melaksanakan ibadah kurban. Ini memang tidak wajib, tapi sunah yang diwajibkan karena besar manfaatnya," katanya, Selasa, 21 Agustus 2018.

Ustad yang juga merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Riau ini mengatakan bahwa hasil keteladanan itu berbuah manis ketika nabi ini diuji untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail alaihi salam namun diganti oleh Allah dengan seekor domba.

"Kita bisa mengikuti langkah Nabi Ibrahim dan Ismail melalui langkah rohaninya yang bersemangat rela berkorban," jelasnya.

Selain itu, kandungan lain dari ibadah berkurban ini ialah agar mampu mengagungkan-Nya. Karena menganggungkan-Nya membutuhkan hati yang bertaqwa. Juga berkorban dapat menghindari dari segala bentuk cacat hati.

Juga berkorban dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat yang memiliki kekurangan untuk dapat mengkonsumsi jenis daging-dagingan seperti ini.