12 Nama Ini Diusulkan Jadi Pejuang Daerah Riau

Veteran-Adi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Riau, Suwardi menuturkan akan memberikan gelar pejuang daerah bagi 12 nama yang akan mewakili 12 Kabupaten dan Kota di Riau.

Menurut Suwardi, ke-12 nama pejuang itu akan diumumkan tepat pada hari ulang tahun Provinsi Riau, 9 Agustus 2018 mendatang.

"Pada tahun ini kita akan mengusulkan 12 nama yang nanti akan bergelar pejuang daerah, diumumkan langsung oleh Gubernur Riau pada saat hari jadi kita nanti," katanya Senin, 31 Juli 2018.

Dia meyakini, penetapan gelar pejuang daerah ini akan berjalan tanpa hambatan, karena sudah melalui mekanisme dan hanya menunggu penetapan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Untuk usulan Kota Pekanbaru ialah Abdul Hamid Yahya, yang merupakan salah satu pejuang kemerdekaan sampai saksi sejarah Kota Pekanbaru.

Abdul Hamid Yahya memiliki rumah yang dijadikan sebagai gudang logistik dan dapur umum pada masa awal perang kemerdekaan yang dihuni oleh keluarga almarhum Ramnah Yahya atau Nuraini Ibrahim yang masih saudara kandung dari Abdul Hamid Yahya.

Saat ini rumah itu dijadikan sebagai tempat pembuatan tenun Siak, Kampung Bandar. Kemudian Kampar ada T Razali, Rokan Hulu ada T Ilyas, Rokan Hilir dengan Datuk Zainal Abidin, Bengkalis Kolonel Polisi Zalid Aris dan Pelalawan T Said Nazir.

Selanjutnya Kota Dumai T Masdulhak, Kuantansingingi Letkol A Muis, Indragiri Hilir Baharuddin Jusuf, Indragiri Hulu T Muhammad. Sedangkan Kabupaten Siak T Syarifah Fadlun dan Meranti H Bakar Umar.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id