Sukses Cegah Karhutla, 6 Desa Dapat 100 Juta Rupiah

Desa-bebas-api-dapat-penghargaan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebagai bentuk apresiasi kepada desa yang berkomitmen menjaga daerah dari kebakaran hutan dan lahan, Perusahaan Perkebunan Asian Agri memberikan penghargaan berupa uang tunai.

Adapun desa yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp100 juta, yakni Desa Lubuk Ogong, Rantau Baru, Tambak, Sotol, Lalang Kabung dan Desa Delik.

"Penghargaan kita serahkan kepada 6 desa bebas api. Ada 5 desa yang berhasil mencegah kebakaran di desanya dan 1 desa mengalami kebakaran kurang dari 1 hektar," kata Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri Welly Pardede dalam acara halal bilhalal bersama Insan Pers Riau, Kamis, 5 Juli

Uang tunai sebesar Rp100 juta untuk desa yang berhasil terbebas dari kebakaran serta Rp50 juta untuk desa yang mengalami kebakaran kurang dari 1 hektar merupakan bentuk penghargaan yang akan diberikan oleh perusahaan untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan desa, secara khusus dalam usaha pencegahan kebakaran.

"Secara total keseluruhan sebanyak 12 desa dari 16 desa binaan Asian Agri di Riau dan Jambi berhasil menerima penghargaan dari program Desa Bebas Api. Penyerahan penghargaan bagi desa-desa binaan di Jambi telah diserahkan pada beberapa hari yang lalu," jelasnya.

Sementara itu, Regional Head Asian Agri Wilayah Riau Omri Samosir mengatakan bahwa Asian Agri sangat berkomitmen dalam mendukung usaha penciptaan Riau tanpa kabut asap yang sangat dikeluhkan oleh masyarakat Riau bahkan oleh negara tetangga.

"Program Desa Bebas Api merupakan perpanjangan dari komitmen kami dalam mencegah Karhutla. Kami juga ada program tanpa bakar untuk memastikan tidak ada lagi praktik bakar yang dilakukan di seluruh areal perkebunan kami, yang selanjutnya semangat yang sama kami perluas dengan mengajak desa-desa di sekitar perusahaan untuk menerapkan komitmen ini," terangnya.

Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang juga memberikan sanjungan kepada Asian Agri yang sangat peduli atas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ia pun berharap, kerjasama antara Asian Agri dan Insan Pers di Riau bisa lebih ditingkatkan untuk tahun berikutnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ariston Noverry Fau, Head Social Security dan License Asian Agri dan Lidya Veronica, Humas Asian Agri