Dinkes Riau Siagakan PSC 119 di Musim Mudik 2018

Ilustrasi-Arus-Mudik.jpg
(OKEZONE.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir memastikan bahwa Public Safety Center (PSC) 119 yang mereka miliki akan dilibatkan dalam musim mudik tahun 2018 ini.

"Untuk mudik tahun ini, kami akan menurunkan PSC ambulans 119 serta beberapa unit ambulans yang diletakkan di posko-posko pelayanan," katanya di kantor Gubernur Riau, Kamis, 7 Juni 2018.

Mimi menerangkan, setelah diresmikan oleh Kementerian Kesehatan pada 2016, layanan darurat medis dengan kode telepon 119 ini akan menjawab kebutuhan layanan kesehatan cepat dalam kondisi darurat seperti serebrovaskuler (pasokan darah ke otak), kecelakaan lalu lintas sampai penyakit jantung iskemik.

Dilansir dari Tempo.co, bahwa layanan 119 ini diatur oleh NCC yang berada di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta. Ketika ada laporan masuk dari pasien, NCC akan berhubungan dengan PSC yang ada di tiap kota untuk selanjutnya dilakukan penanganan.

PSC berjejaring dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang terdekat dengan lokasi kejadian. PSC dapat memonitor ketersediaan fasilitas kesehatan, seperti kamar tidur, ambulans dan unit gawat darurat.

Baca Juga Beberkan Angka Lakalantas, Dinkes Riau: Pemudik Hati-Hati!

Selain itu, Mimi menambahkan bahwa pihaknya juga akan menyiapkan ratusan dokter yang tentunya akan didampingi oleh perawat untuk siap berjaga selama 24 jam penuh.

"Mengenai SDM, kami menyediakan 100 tenaga dokter dalam 1 shift berarti ada 300 dokter untuk 3 shift serta perawat di 155 rumah sakit. Dalam 1 shift terdiri dari 1 dokter dan 2 perawat," jelasnya.

Selain itu, mereka juga akan mengoptimalkan ratusan puskesmas yang berada di jalur mudik untuk berjaga selama 24 jam penuh yang terpadu dengan pos pelayanan yang telah disiapkan sebelumnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id