Membanggakan, Dosen Fekon Unilak Raih Beasiswa S3 di Taiwan

Dosen-Fakultas-Ekonomi-Univeritas-Lancang-Kuning-Afred-Suci.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Univeritas Lancang Kuning pantas disebut kampus berprestasi, setelah untuk sekian kalinya salah seorang dosen Fakultas Ekonomi Univeritas Lancang Kuning, Afred Suci berhasil mendapatkan beasiswa penuh S3 (PhD) di National Taiwan University of Science and Technologi dengan pendalaman ilmu di bidang pemasaran.

Afred Suci saat dihubungi lewat telepon, Senin, 28 Mei 2018, mengatakan bahwa proses persiapan mencari kampus bereputasi baik di luar negeri serta beasiswa sudah sejak enam bulan lalu dilakukan.

"Sebelumnya saya telah mengirimkan permohonan di tiga Universitas, yaitu ke Nanyang (Singapore), Mahidol (thailand) dan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Dari ketiganya, hanya NTUST yang saya lamar sepaket dengan program beasiswanya. Dan Alhamdulillah saya diterima," ujarnya.

Afred menjelaskan ketika dirinya belum beruntung diterima di Nanyang, dan Mahidol dan NTUST yang menerima, maka pilihannya jatuh ke NTUST karena sudah mendapatkan beasiswa penuh, termasuk biaya hidup di sana, beasiswa ini diterima selama tiga tahun dan dapat diperpanjang maksimal satu tahun jika diperlukan.

Afred yang mendapat kabar tanggal 23 Mei lalu, menyebutkan di NTUST itu ada tiga jenis beasiswa yang tersedia yaitu full scholarship (beasiswa penuh), partial scholarship (beasiswa sebagian) dan tuition waiver (hanya bebas spp saja).

Untuk mendapatkan beasiswa itu rangkaian seleksi dilihat dari nilai IPK S2, TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, kejelasan study plan selama disana, prestasi pelamar dan jejak karya pelamar.

"Itu semua diranking, penilaian yang masuk ke dalam kelompok tertinggi yang bisa mendapat full scholarship. Alhamdulillah dari sejumlah pelamar dari berbagai negara, saya terpilih mendapat full scholarship," ujarnya sambil tersenyum.

Berdasarkan data tahun 2017 pemeringkatan perguruan tinggi, NTUST merupakan perguruan tinggi dengan peringkat ke-47 Asia dan peringkat 264 dunia.

Keberhasilan Afred ini tentu mengharumkan nama Univeritas Lancang Kuning, ia pun mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT, Istri dan keluarga.

Dan juga untuk Rektor Unilak serta Dekan Fekon yang memberi kesempatan dosennya mengembangkan kapasitas ke luar negeri. Juga kepada Dr. Junaidi (WR1) dan Dr. Rinayanti (Fekon) yang telah memberikan rekomendasi yang sangat baik kepada setiap universitas dilamarnya dan tentunya dukungan dari seluruh rekan-rekan dosen di Unilak

Sementara itu wakil rektor I Unilak Dr.Junaidi memberikan ucapan selamat. "Kita mengucapkan selamat kepada afred suci, Unilak terus berupaya untuk mengirimkan dosen sekolah ke luar negeri. Ini bertujuan untuk menyiapkan Unilak masuk ke dunia internasional. Ini merupakan kebanggaan karena afred suci memperoleh beasiswa penuh," ucapnya