Aktual, Independen dan Terpercaya


Selain RTRW, Pemprov Riau Pantau Sektor Ini

RTRW1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski memahami bahwa Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau tak bisa langsung memaksa para investor berbondong-bondong menanamkan rupiah di Riau. Paling tidak dengan adanya RTRW, gairah ekomomi Riau menimbulkan peningkatan angka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa dengan adanya RTRW, harapan ekonomi Riau untuk tumbuh ke arah lebih baik akan semakin terlihat.

"Kita berharap dengan tata ruang nantinya geliat ekonomi jadi semakin baik walaupun tidak bisa langsung investasi itu masuk. Paling tidak ini sudah memberi harapan," katanya, Sabtu, 26 Mei 2018.

Juga menurutnya, jika menuju ke arah yang lebih baik, maka tren positif akan semakin terlihat dari pertumbuhan ekonomi Riau setelah dipergunakannya RTRW itu.

"Ada itu istilahnya dalam ekonomi namanya ekspektasi. Itu positif atau tidak. Ekspektasi positif saja dapat menimbulkam gairah perekonomian," jelasnya.

"Maka, semangat itu akan muncul. Semangat untuk berusaha akan bermunculan. Maka akan terjadi dinamika perputaran modal, pengembangan usaha sampai produktivitas," jelasnya.

Harapannya, RTRW Riau yang kini sudah diundangkan ke dalam lembaran daerah itu nantinya mampu satu per satu menarik para investor untuk segera mengurus segala sesuatu termasuk soal perizinan.

Untuk itu, diharapkannya seluruh kabupaten dan kota yang ada di Riau dapat segera melakukan pembenahan demi meningkatnya ekonomi daerah.

"Selain RTRW kita juga lagi sedang mengevaluasi perizinan. Tinggal Kabupaten dan Kota melakukan fasilitas pembatasan tata ruang secara simultan," tutupnya.