Berbagai Kegiatan Digelar, Perkuat Pengabdian Mualaf Suku Akit Tanjung Pal

Kegiatan-mualaf-suku-akit.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Penguatan Muallaf Suku Akit di Tanjung Pal Desa Penyengat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, dilakukan oleh Afrizal Nur, Dosen sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Alqran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau, bekerja sama dengan Majelis Tarjih dan Majelis Tabligh Muhammadiyah Riau, ustad Santoso dan ustad Syahrullah Umar, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Suska Riau, beberapa orang mahasiswa dari jurusan ilmu Quran dan tafsir UIN Suska Riau.

"Bentuk kegiatannya adalah pembinaan tilawah dan Tahfidz Aquran bagi anak-anak Muallaf dan umat Islam yang berada di Dusun Tanjung Pal Desa Penyengat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak," kata Afrizal Nur, Senin, 7 Mei 2018.

Kegiatan ini sudah di mulai sejak 2013 sampai sekarang. Dari 400 KK hanya 46 KK yang beragama Islam. Dengan akses yang cukup jauh masyarakat ini kurang terjamah dengan pengetahuan islam. Kegiatan bersifat continiutas untuk penguatan mualaf dan kedepan akan dibangun pondok tahfiz di desa tersebut.

Bahkan para penggerak dakwah ini pun akan menguliahkan seorang anak dari Suku Akit tersebut di UIN Suska Riau dengan ilmu Quran dan tafsir yang bernama Eri pada tahun ini.

"Alhamdulillah atas kerjasama di sana sudah sebuah mushollah yang dibangun oleh Muhammadiyah," kata Afrizal Nur

"Kedepannya kita harapkan adanya dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah setempat untuk memperhatikan mualaf suku akit ini," ungkap Afrizal Nur.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id