Jelang Ramadan, XL Axiata Bangun Jembatan dan Salurkan Donasi Kuota di Lampung

Program-Ramadan-Berbagi-Kuota-XL.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memanfaatkan momentum jelang Ramadan untuk meningkatkan program sosial bagi masyarakat di berbagai daerah. Awal Mei 2018 ini, XL Axiata mulai menyalurkan donasi kuota dalam rangka Program Ramadan Berbagi Kuota dan sekaligus membangun jembatan di Lampung, juga membangun fasilitas air bersih di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Pada tahap awal ini, di Lampung, donasi kuota disalurkan ke-10 lembaga pendidikan Islam. Sesuai namanya, donasi yang disalurkan berupa kuota akses data beserta perangkatnya. Program ini merupakan bagian dari Program Gerakan Donasi Kuota yang kali ini khusus disalurkan ke lembaga-lembaga pendidikan Islam sepanjang Ramadan. Setiap penerima donasi akan mendapatkan kuota data sebanyak 20 GB/bulan selama satu tahun.

Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih, Ramadan adalah saat yang tepat untuk semakin banyak berbagi kebaikan.

“Untuk itu kami menargetkan, sepanjang Ramadan ini bisa menyalurkan paket donasi kuota ini ke hingga 300 lembaga pendidikan Islam, baik ke Pondok Pesantren maupun Madrasah Aliyah. Saat ini, tim XL Axiata terus mengidentifikasi para calon penerima di berbagai daerah. Kami berharap, donasi kuota akses ke layanan digital dan internet ini bisa bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah tersebut,” ujarnya.

Tri Wahyuningsih menerangkan sebagai bagian dari Program Gerakan Donasi Kuota (GDK) yang terus XL Axiata laksanakan sepanjang tahun, maka khusus untuk Bulan Suci Ramadan, penyaluran donasi hanya dikhususkan pada sekolah-sekolah pendidikan Islam.

ISTIMEWA

Minggu lalu, kata Tri Wahyuningsih, XL axiata memulai dengan 10 Lembaga Pendidikan Islam, ke 10 Madrasah pertama yang beruntung mendapatkan penyaluran di Ramadan ini adalah 5 Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren di wilayah Lampung, masing-masing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kalianda, Lampung Selatan, MAN Poncowati, Lampung Tengah, MAN 1 dan 2 Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Sekolah lembaga pendidikan yang menerima paket donasi kuota ini tersebut berlokasi di area yang sudah terjangkau oleh jaringan data XL Axiata, termasuk yang berada di pelosok daerah.

"Selain fasilitas Internet, XL Axiata mengajak karyawannya untuk membekali sekolah dengan materi Melek Internet, antara lain penggunaan media sosial yang inspiratif dan Internet, berkah untuk Pendidikan," ungkapnya.

Mekanisme penyaluran donasi kuota layanan data akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem monitoring. Selain dalam bentuk kuota dan router, penerima paket donasi juga akan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan internet untuk tujuan produktif.

Saat ini Program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data dari bulan Agustus 2017 hingga Maret 2018. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Mei 2018 nanti secara nasional total sudah akan ada 578 sekolah yang menerima program ini.

Provinsi Lampung menjadi salah satu prioritas untuk Program Gerakan Donasi Kuota layanan data karena saat ini sudah terjangkau jaringan 3G/4G XL Axiata secara luas, selain itu juga karena sekolah-sekolah di sini, termasuk Pondok Pesantren, memang sangat membutuhkan fasilitas internet untuk menunjang aktifitas belajar dan mengajar.

Pada Agustus 2017 lalu, XL Axiata meluncurkan “Gerakan Donasi Kuota” (GDK) guna menggalang partisipasi pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk secara sukarela mendonasikan kuota layanan data miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia tersebut.

Sesuai namanya, program ini akan melibatkan partisipasi pelanggan dan masyarakat. Pelanggan bisa secara sukarela mendonasikan kuota paket data Xtra Combo miliknya berapapun besarnya melalui program ini. Caranya adalah dengan akses ke UMB *123*888# kemudian pilih kuota yang ingin didonasikan. Kuota yang didonasikan akan mengurangi Kuota Utama Paket Xtra Combo pelanggan.

Selain donasi sukarela pelanggan, XL Axiata juga akan mendorong program ini dengan cara mengalokasikan kuota layanan data sebesar sebesar 25 MB untuk setiap pembelian dan isi ulang paket data Xtra Combo oleh pelanggan. Alokasi kuota ini tidak akan memotong kuota yang dibeli pelanggan. Akumulasi kuota data sumbangan pelanggan dan alokasi dari XL Axiata tersebut selanjutnya akan disalurkan dengan pembagian setiap sekolah penerima mendapatkan donasi kuota 20GB/bulan selama setahun.

Bangun jembatan di Pringsewu

XL Axiata juga menjadikan masa menjelang Ramadan sebagai momentum tepat untuk memulai pembangunan sebuah jembatan di Desa Bumi Ayu, Kecamatan. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Jembatan ini akan menghubungkan Desa Bumi Ayu dan Desa Fajar Isuk, yang sekaligus untuk menggantikan jembatan lama yang saat ini kondisinya rusak parah.

Program Ramadan Berbagi Kuota XL2ISTIMEWA

Peletakan batu pertama untuk menandai mulainya pembangunan jembatan dilakukan pada 5 Mei 2018 oleh Kepala Pekon Bumiayu Kecamatan Pringsewu Nur Setia Budi,Kepla PerwakilanInisiatif Zakat Indonesia (IZI) Lampung Agus Rin Wirawan ,Regional Sales Manager Area Lampung Sarroso Dwi Panggah dan Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Nashrul Hendarsyah.

Sarroso mengatakan peresmian jembatan desa ini merupakan wujud komitmen XL Axiata untuk memfasilitasi sarana jembatan yang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas masyarakat sehari-hari. Selain menjadi penghubung transportasi warga, jembatan ini juga akan dimanfaatkan untuk menjadi penopang talang saluran air irigasi pertanian warga. Kebetulan, warga sedang mengembangkan agrowisata dengan memanfaatkan potensi pertanian di desanya.

Ketua Majelis Taklim XL Axiata Nashrul Hendarsyah mengatakan, pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari penyaluran donasi yang terkumpul dari pelanggan dan wakaf karyawan XL Axiata. Jembatan Talang Air Bumi Ayu ini adalah jembatan kelima yang dibangun XL Axiata setelah Jembatan Naringgul Cianjur Selatan, Jembatan Cigawir Garut, Jembatan Silaturahmi XLalu di Garut,dan Jembatan Biru di Majalengka.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id