2.000 Pekerja Asing di Batam Jadi Tenaga Ahli

ILUSTRASI-Pekerja-Asing1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Rudi Sakyakirti menyebutkan hingga pertengahan April 2018, terdapat 2.000 orang tenaga kerja asing (TKA) di Kota Batam.

"Jumlah hasil laporan dan dari pengawasan Dinas Tenaga Kerja bersama Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam," kata Rudi.

Ribuan orang TKA yang berasal dari berbagai negara itu bukanlah tenaga kerja teknis lapangan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, mencatat bahwa mereka mengisi tenaga ahli dengan kapasitas setingkat manajer, direkti, komisaris dan advisor.

"Jadi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang TKA, hanya menyederhanakan proses birokrasi saat pendaftaran. Bukan untuk menarik sebanyak-banyaknya tenaga kerja asing ke Indonesia, oknum-oknum tertentu saja yang menggoreng itu semua, jadi seolah-olah TKA bisa dengan mudah bekerja di sini," kata Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, dikutip dari KOMPAS.com, Selasa, 1 Mei 2018.

Sependapat dengan Lucky, Rudi mengatakan, berdasarkan peraturan ketenagakerjaan, TKA yang ada di Batam bekerja di level top management di dalam perusahaan, seperti tenaga ahli setingkat manajer, direksi, komisaris dan advisor. "Mereka tidak boleh menempati posisi di bawah level top management, karena jabatan-jabatan di luar itu diisi oleh pekerja lokal. Bahkan untuk TKA di Batam masih didominasi dari Singapura dan Malaysia yang bekerja di berbagai sektor industri di Batam," jelas Rudi.

Sejauh ini, menurut Rudi, belum ada serbuan pekerja asing yang masuk ke Batam. Ribuan TKA saat ini masih tenaga kerja yang sudah lama bekerja di kota tersebut.

"Sebelumnya, terdapat ribuan TKA bekerja di industri galangan kapal (shipyard) di Tanjunguncang, Kota Batam. Ketika banyak shipyard tutup akibat minimnya pesanan pembuatan kapal dari luar negeri, banyak juga TKA yang pulang ke negara asalnya," ujar Rudi.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id