di Pelalawan, Puluhan Toko Ritel Ini Menjamur di antara Toko Tradisional

Ilustrasi-Alfamart-dan-Indomaret.jpg
(Batamnews)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat terdapat 48 unit toko waralaba, Alfamart dan Indomaret yang beroperasi di Pelalawan hingga Maret 2018.

"Dengan pembagian Alfamart 30 unit dan Indomaret 18 Unit," urai Kepala DPMPTSP Pelalawan Hambali melalui Kepala Bidang Perizinan Zulkarnaen, Senin, 9 April 2018.

Dua toko waralaba, Alfamart dan Indomaret memang berkembang sangat pesat dalam di Pelalawan. Di antaranya tersebar di enam kecamatan, dan terbanyak berada di Kecamatan Pangkalan Kerinci. Seperti Alfamart, 30 izin telah diterbitkan atas nama PT Sumber Alfaria.

Sementara 14 unit tersebar di Pangkalan Kerinci, Pangakalan Kuras, Ukui, dan Pangkalan Lesung dengan masing-masing empat toko. Kemudian tiga toko di Bandar Seikijang dan satu toko di Kerumutan.

Sedangkan, izin Indomaret atas nama PT Indomarco Prismatama diterbitkan 18 toko. Di antaranya 11 toko di Pangkalan Kerinci, Bandar Seikijang dan Pangkalan Kuras masing-masing dua unit.

Di Pangkalan Lasung, Ukur dan Bandar Petalangan tersebar masing-masing berdiri satu toko, seperti melansir Tribunnews.com, Senin, 9 April 2018.

Sayangnya, kedua toko ritel itu tidak hanya berdiri di Jalan Lintas Timur (Jalitim) dan jalur utama saja, namun juga berdiri di jalan yang padat penduduk. Dan tentunya berdekatan dengan warung atau toko tradisional milik warga.

Zulkarnaen juga mengakui keberadaan toko ritel ini sempat bersinggungan dengan toko harian tradisional. Bahkan, sempat ada penolakan hingga aksi damai dari sekelompok pemuda dan mahasiswa yang memprotes letak toko ritel yang berdekatan dengan usaha jual-beli masyarakat kecil. Dikhawatirkan akan mematikan toko-toko yang sudah ada sebelumnya.

"Kita sudah memberikan penjelasan kepada warga yang protes. Disisi lain kita perketat letak toko ritelnya," tandas Zulkarnaen.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id