Aktual, Independen dan Terpercaya


TNI AU-Singapura Air Force Bakal Latihan Gabungan Lagi di Lanud Roesmin Nurjadin

Persiapan-latihan-gabungan.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - TNI AU bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) kembali menggelar latihan militer gabungan bersandi Manyar Indopura 2018. Latihan ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya yakni pada November 2017 juga pernah dilakukan latihan gabungan angkatan udara kedua negara ini.

Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Jajang Setiawan di Pekanbaru, Senin, 5 Maret 2018 mengatakan latihan ini akan berlangsung di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dan latihan ini melibatkan tiga unit helikopter dari kedua negara.

"Latihan ini melibatkan satu helikopter EC 725 Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor serta dua pesawat helikopter Super Puma dari 125 Squadron RSAF," katanya. 

Jajang yang juga berperan sebagai Direktur Latihan dari TNI AU, mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara bertetangga tersebut. 

Selain itu, dia juga menuturkan melalui latihan yang melibatkan sekitar 60 personel militer gabungan kedua negara tersebut diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme bagi para personelnya dalam melaksanakan tugas.

Menurut Jajang, latihan gabungan Manyar Indopura yang saban tahun digelar antara RI-Singapura tersebut akan fokus pada penanganan medis saat atau pasca tempur. 

"Jadi misi yang akan digelar nanti berupa medical evacuation, dropping logistic dan combat SAR," tuturnya. 

Sementara itu Deputy Exercise Director RSAF Ltc Christien Sim, mengatakan bahwa latihan ini merupakan kesempatan yang baik untuk semakin memperkuat persahabatan diantara Indonesia dan Singapura, serta TNI AU dan RSAF.

"Persahabatan tersebut akan semakin kuat dan erat melalui latihan yang akan kita laksanakan ini," lanjutnya.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Age Wiraksono berharap latihan yang berlangsung hingga 14 Maret 2018 mendatang tersebut dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar hingga latihan berakhir.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan militer tipe A satu-satunya di Pulau Sumatera. Pangkalan itu kini diperkuat dengan dua skadron tempur yakni Skadron Udara 12 dan 16 yang masing-masing diperkuat dengan jet tempur Hawk 100/200 dan F16 Fighting Falcon. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id