Aktual, Independen dan Terpercaya


Jadi Tuan Rumah MUNAS BEM SI ke-XI, UR Undang 107 Universitas

Logo-MUNAS-BEM-SI-ke-XI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/NANDA FADILLA)

LAPORAN: NANDA FADILLA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka melanjutkan estafet pergerakan mahasiswa Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar sebuah perhelatan akbar, yakni momentum pertemuan aktivis kampus yang tersebar di seluruh penjuru nusantara dalam acara Musyawarah Nasional (MUNAS) BEM SI yang ke-XI.

Perhelatan ini akan di gelar pada 18 sampai 23 Februari 2018 di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau, dimana Universitas Riau ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Musyawarah Nasional (MUNAS) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pada setiap tahunnya oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia. Acara yang akan berlangsung selama sepekan tersebut, telah mengundang 107 Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ada 107 Universitas yang kami undang, diantaranya, Universitas yang ada di Sumatera Bagian Utara dan Selatan, Universitas Bagian se-Jabodetabek, Universitas yang ada di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah-DIY, Universitas yang ada di Kalimantan Tengah, Barat, Timur dan Selatan, Universitas yang ada di Bali dan Nusa Tenggara, dan Universitas yang ada di Papua serta di Maluku," urai Presiden Mahasiswa, Universitas Riau (UR), Kamis, 15 Februari 2018.

Musyawarah Nasional BEM SI ke-XI akan dibuka secara resmi pada Senin, 19 Februari 2018 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla bertempat di Gedung Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau.

Dikatakan Rinaldi, setelah opening, acara dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan yang berlangsung dengan 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 08.00-12.00 WIB dengan mengambil tema "Dari Kampus Untuk Indonesia : Berdaulatlah Negeriku!" yang juga menghadirkan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia, Jenderal Pol (Purn.) Budi Gunawan.

Selanjutnya siang hari, masuk sesi kedua pada pukul 13.00-16.45 WIB dengan mengambil tema Sarasehan Nasional "Kedaulatan Energi : Antara Harapan dan Tantangan" yang turut menghadirkan beberapa narasumber handal dan sangat berkompeten dalam bidangnya, diantaranya, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Pengamat Migas RI Marwan Batubara, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal, Pengamat Ekonomi RI Faisal Basri, SKK MIGAS RI, Dirut Pertamina RI Otto Gerentaka, Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Novriandi, Ketua PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, dan beberapa dari narasumber tersebut masih dalam tahap konfirmasi.

Selain agenda Dialog Kebangsaan, Pelaksanaan Musyawarah Nasional ini juga diisi dengan kegiatan di berbagai tempat, yakni kegiatan Ramah Tamah Gubernur Riau dan Silaturrahim Nasional di Gedung Serindit Riau, Aksi Nasional yang akan membawa isu tuntutan Kedaulatan Energi dan secara umum menggaungkan janji Presiden Jokowi yang telah dilanggar serta 20 Tahun Reformasi.

Dilanjutkan dengan agenda yang akan diselingi dengan kegiatan Fieldtrip, Wisata Budaya di Museum Sang Nila Utama Riau, Wisata Intelektual di Pustaka Wilayah Riau, serta Wisata Religi di Masjid Agung Annur Riau untuk setiap peserta Musyawarah

Rinaldi berharap melalui agenda Musyawarah Nasional BEM SI ke-XI tahun 2018 ini, gerakan mahasiswa se-Indonesia akan semakin solid, satu tujuan walaupun berbeda jalan, sebab harapan rakyat ada di antara pundak-pundak mahasiswa.

"Pada pertemuan yang kurang lebih akan diadakan satu pekan tersebut, dapat digunakan untuk membahas hal-hal startegis, khususnya kepentingan rakyat Indonesia," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online 

Follow Instagram riauonline.co.id