Di Thailand, 12 Mahasiswa UIN Suska Riau Sukseskan IAF

mahasiswa-UIN1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/NANDA FADILLA)

LAPORAN: NANDA FADILLA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua belas mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau yang masih melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di Thailand berhasil mensukseskan acara Internasional Academic Festival (IAF) di Thailand Selatan.

Acara yang diselenggarakan oleh Chariyatham Suksa Foundation School di Thailand Selatan ini merupakan kegiatan tahun kedua setelah IAF pertama kali digelar pada 2016 silam.

Dalam kegiatan IAF ini diikuti seluruh Negara Asean yang juga ikut berpartisipasi dalam banyak lomba. Di antaranya, story telling bahasa melayu, story telling bahasa arab, story telling bahasa inggris, tilawah alquran, Nasyid Arabic dan lomba lainnya.

Panitia IAF, Diara rizky Prayitno yang juga mahasiswa PPL UIN Suska Riau, menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh seluruh Negara se-Asean. Namun, peserta terbanyak berasal dari negara Malaysia, Indonesia dan Thailand sebagai tuan rumah perhelatan ini.

Ke-12 mahasiswa ini juga tergabung dalam guided teachers dan panitia di acara IAF. Karena di sana juga melatih anak-anak untuk persiapan lomba IAF.

Baca Juga Keren, Dua Mahasiswa UIN Suska Riau Ini Luncurkan Aplikasi Baru

"Ini merupakan tantangan bagi kami, karena bahasa yang digunakan oleh anak-anak adalah asli bahasa Thailand. Penuh kesabaran, sebab mengajari mereka dari dasar, seperti penyebutan vocal melayu A.I.U.E.O," jelas Diara kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 10 Februari 2018.

"Lidah orang thailand, sangat sulit dalam bahasa arab, untuk melatih story telling bahasa arab dan nasyid arab butuh energy plus plus," tambahnya.

Acara yang berlangsung selama dua hari, dari 6 hingga 7 Februari 2018 ini turut mengundang Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, Wakil Dekan III, Khairunnas, Ketua Panitia PPL 2017, Maimunah dan Panitia PPL 2017, Novia.

"Tidak hanya itu kami juga mendapati sertifikat Internasional sebagai Guided Teacher dari Pihak IAF 2018, ini merupakan suatu kebanggaan untuk kami bisa ikut di acara tersebut," tutup gadis yang akrab disapa Adid itu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

 

-->