Pemprov Siap Gelontorkan Rp 170 Juta untuk Pindahan Markas Polda Riau

Spanduk-di-Polda-Riau1.jpg
(FACEBOOK RADEN SOESANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, Pemprov Riau tetap mendukung penuh pindahnya Markas Polda Riau.

Dari semula di Jalan Jenderal Sudirman pindah ke Sekolah Polisi Negara (SPN) di Jalan Pattimura, Pekanbaru. Nantinya, Pemprov Riau akan menggelontorkan dana Rp 170 miliar diambil dari RAPBD 2018 untuk keperluan ini.

Meskipun Pemprov Riau tengah disibukkan rasionalisasi anggaran berlaku pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disebabkan over estimate.

Markas Polda Riau akan menempati bangunan Sekolah Polisi Negara (SPN). Sedangkan SPN dibangun di Kabupaten Kampar. 

"Kita mendukung. Karena instanasi ini berkontribusi terhadap daerah. Lagian rasionalisasi itu kan di tahun 2017. Wajar kita memberikan kontribusi pula ke Polda Riau," katanya di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat, 17 November 2017.

Sebut saja, kata mantan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Dari pemunguntan pajak kendaraan bermotor ini saja, daerah telah mendapatkan hampir Rp 1 triliun setiap tahunnya.
Belum lagi di lini Sumber Daya Manusia (SDM).

Riau akan lebih diuntungkan jika memang nanti Polda Riau pindah seperti udah direncanakan. Petugas kepolisian akan memiliki kualitas SDM tentunya akan lebih baik kedepannya.

"Alasan berikutnya, pemantapan aparatur. Itu payung hukumnya adalah sarana. Artinya jika pindahnya Polda mengeluarkan dampak, tinggal mana diprioritaskan saja," tegasnya.

Selanjutnya, dukungan Pemprov Riau terhadap pindahnya Markas Polda Riau ini juga tak terlepas dari semakin berkembangnya daerah menjadi sasaran bangunan gedung baru.

"Kalau ternyata Polda dibangun di SPN, SPN kan sudah ready. Sementara SPN nantinya akan berkembang di Kampar. Itu kan bagus ada perkembangan wilayah. Sehingga wilayah menjadi berkembang,"tandasnya.

"Yang jelas ini sudah lama kok berprosesnya. Dari sebelum saya menjadi Sekda . Dengar-dengarnya saat Pak Annas masih menjadi Gubernur," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id