Pembukaan Kenduri Teater Tradisi Sumatera, Latah Tuah Sajikan Teater Anak Mayat

Kendari-teater-tradisi-Sumatera.jpg

Laporan: RIDHATUL HAYATI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kenduri Teater "Tradisi Sumatera" mulai digelar di Anjung Seni Idrus Tintin, Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) pada Kamis, 19 Oktober 2017. Sebagai penampil pertama, Sanggar Latah Tuah dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sutan Syaraif Kasim (Suska) menyajikan Teater Bangsawan episode Anak Mayat.

Teater ini bercerita tentang kisah si Raja Kecil dari Siak. Penampilan yang disutradarai Muhammad Reza ini didukung oleh belasan aktor dan juga seratusan pendukung. Terdiri dari pemain teater, penari, pemusik, kru panggung dan seluruh kru di belakang panggung.

Selain penampilan Sanggar Latah Tuah, masih ada 12 grup lainnya yang akan ambil bagian dalam acara yang berlangsung hingga 23 Oktober 2017 ini. Diantaranya sebanyak empat grup dari Riau Sanggar Latah Tuah, Sanggar Sendayung Kampar, SMAN 5 Pekan Baru dan SMAN 1 Pekanbaru, dan beberapa grup teater dari sejumlah provinsi di Sumatera.

Diantaranya Teater Rongsokan dan Sanggar Mirah Delima dari Aceh, Dewan Kesenian Tanjung balai Sumatera Utara, Teater Aek Ngalir Jambi, Teater Oase dan Teater Senja dari Sumatera Barat, Teater Jengkal Bengkulu dan Sanggar Benakat dari Sumatera Selatan.

"Adapun tema ini diusung sebagai pemicu agar para seniman dari Sumatra menghidupkan kembali kenduri-kenduri bersifat tradisional di daerah masing-masing," ungkap Ketua Sanggar Latah Tuah, Fitra Maulana Akmal.

Acara kenduri teater dimulai dengan karnaval pada pukul 16.00 WIB, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Asisten III Pemprov Riau.

Pada hari kedua, hari ini, Jumat 20 Oktober 2017, giliran Teater Jengkal Bengkulu, Teater Rongsokan Aceh dan Sanggar Sendayung Riau yang akan memberikan pementasan terbaiknya mulai pukul 19.45 WIB.

Dilanjutkan dengan pementasan dari Teater Serumpun Sumatera Barat dan Dewan Kesenian Tanjung Balai Sumatera Utara, beserta penampilan dari SMAN 5 Pekanbaru dan SMAN 1 Pekanbaru pada hari kedua, tanggal 21 Oktober 2017.

Kemudian pada tanggal 22 Oktober 2017 hadir Teater Aek Ngalir Jambi, Teater Oase Sumatera Barat dan Sanggar Benakat dari Sumatera Selatan. Tuan rumah sendir Sanggar Latah Tuah Riau dan grup dari Aceh, Sanggar Mirah Delima kebagian pentas pada hari ke empat, tanggal 23 Oktober 2017.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id