Seekor Gajah Liar Nyasar dan Merusak Tanaman di Kebun Warga

Tanaman-dirusak-gajah-liar.jpg
(BKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejak dua bulan terakhir, seekor gajak liar memasuki area perkebunan warga di wilayah Inderagiri Hulu (Inhu), Kecamatan Kelayang.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriyanti mengatakan, satu ekor gajah ini merupakan gajah yang telah hilangan dari kawanan kelompoknya.

Gajah tersebut terus berkeliaran hingga menganggu perkebunan milik warga. Beberapa kebun sawit, pisang dan kelapa hancur berantakan. Dugaan itu muncul saat tim menemukan di sumber mata pencarian warga tersebut didapati tumpukan kotoran gajah yang telah berserakan.

"Gajah tersebut tertinggal dari kawanannya yang kini telah berada di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), katanya, Rabu, 27 September 2017. Itu kerena kawasan tersebut berada tak jauh dari hutan lindung.

Bukan berarti tim yang terdiri Balai Besar KSDA Bid Wil I itu lepas tangan. Berbagai upaya telah mereka lakukan untuk mengembalikan gajah tersebut kembali pada habitat yang sesungguhnya.

Namun menurutnya perlakuan itu sia-sia. Setelah dilakukan penghalauan, gajah tersebut kembali karena perkebunan warga menyediakan banyak makanan untuknya. Desa-desa yang menjadi perlintasannya seperti Desa Kolak Pisang, Pasir Beringin dan Bukit.

"Setelah dihalau, gajah itu tetap kembali. Hampir dua bulan tim disibukkan dengan seekor gajah soliter yang tidak mau berpindah," imbuhnya.

Untuk menghalau agar tak kembali merusak perkebunan warga, petugas menggunakan kembang api, mercun, bunyi-bunyian hingga melakukan pemanggilan sekawanan gajah untuk menarik simpati gajah itu.

"Tim saat ini melakukan langkah pendalaman terhadap kondisi habitat sekitar dan kemungkinan keberadaan kelompok utama gajah. Itu agar memudahkan dalam arah penggiringan gajah ke posisi kelompoknya. Kami berharap semua pihak tidak berspekulasi tentang fenomena gajah yang mau bergerak," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id