Blanko e-KTP Kosong, Dirjen Dukcapil: Berapapun Daerah Minta, Kita Penuhi

Zudan-Arif-Fakrulloh.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, berapapun kebutuhan blanko KTP elektronik diminta setiap daerah di Indonesia, akan dipenuhi.

Ini berbanding terbalik dengan keadaan di daerah-daerah, blanko pembuatan e-KTP sudah habis dan sedang menunggu pengiriman dari Kemendagri. Dampaknya, banyak KTP warga bertahun-tahun tidak selesai. Apalagi menjelang Pemilukada 2018 mendatang.

"Kalau kemarin itu memang. Kita mengalami masalah mati selama 6 bulan. Dengan mati 6 bulan itu, antreannya tentu semakin panjang. Nah kalau sekarang ini, tidak. Sementara untuk blanko di Riau ini belum habis dan belum dicetak juga. Pokoknya untuk semua kebutuhan akan kita penuhi. Kita punya 7.4 juta keping lagi," kata Zudan Arif Fakhrullah, Selasa, 12 September 2017, di The Premiere Hotel. 

Baca Juga: 

Masa Berlaku E-KTP Habis? Jangan Panik, E-KTP Berlaku Seumur Hidup

Pembuatan E-KTP Pekanbaru Bakal Antre Hingga Pertengahan 2017

Hanya saja, tuturnya, setiap kepala dinas di Indonesia ini tidak mengetahui keadaan terkini, tidak sama dengan 6 bulan lalu. "Masalahnya itu banyak Kepala Dinasnya tak tahu aturan. Nanti Kadis akan saya panggil semua. Mereka itu sebenarnya belum meminta berapa kebutuhannya, itu saja," tegasnya.

Sebelumnya, warga Kota Pekanbaru dan beberapa kabupaten dan kota di Riau, mengeluhkan proses pembuatan e-KTP miliknya selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

-->