Inilah Dean Fanggohans, Anak Terpintar di Riau

Dean-Fanggohans-dengan-Guru-SMAN-8-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dean Fanggohans, anak muda Riau ini sejak kecilnya sudah menorehkan berbagai prestasi yang mengharumkan nama daerah dan negara. 

Sebelum meraih emas di bidang kimia dalam ajang 49th International Chemistry Olympiad (IChO) atau Olimpiade Internasional Kimia ke-49, 6-16 Juli 2017, di Nakhon Pathom, Thailand, Dean menjawarai berbagai iven serupa, sejak SMP. 

Saat masih berumur 13 tahun, Dean sudah meraih medali emas pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP di Kota Batam, Mei 2013. Ketika itu, ia duduk di kelas VII (2 SMP) di SMP Kalam Kudus, Jalan Lokomotof, Pekanbaru, memperoleh emas di bidang Fisika. 

Baca Juga: Anak Cerdas Di Riau Peraih Medali Emas Olimpiade Kimia Ini Tak Pernah Ikut Bimbel

Setahun kemudian, lompatan prestasi dicapainya. Saat duduk di kelas IX, Dean kembali meraih medali emas. Jika sebelumnya di bidang Fisika, kali ini ia merengkuh kesuksesan di bidang Biologi. 

Dean Fanggohans, Anak Terpintar di Riau

DEAN Fanggohans, peraih medali emas kimia pada Olimpiade International Chemistry Olympiade (IChO) ke-49 di Thailand, Senin, 17 Juli 2017. Dean merupakan siswa SMAN 8 Pekanbaru.

Tak tanggung-tanggung, emas ini diukirnya saat mengikuti International Junior Science Olypiad (IJSO), 2-11 Desember 2014, di Mendoza, Argentina. Padahal, tahun 2013 itu, ia mencoba tes seleksi, namun belum beruntung mengantarkan ke IJSO. 

Terakhir, siswa SMAN 8 Pekanbaru itu meraih emas di International Chemistry Olympiade (IChO) ke-49, di Thailand. Kepintaran Dean Fanggohans sudah terasah semenjak dirinya duduk di bangku sekolah dasar hingga meraih medali emas beberapa waktu lalu.

Melihat rekam jejak Dean, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto, mengatakan, ada beberapa formula canggih diterapkannya pada sekolah-sekolah di Riau untuk mencetak Dean-dean lainnya. 
 
"Kita sudah lakukan pembinaan. Olimpiade Sains nasional (OSN) kemarin itu saja contohnya. Anak Riau yang mendapatkan medali kita lakukan pembinaan. Selain itu, kita minta para pakar dan dosen datang memberikan pelajaran sebagai gurunya. Itu awalnya," kata Rudyanto, Senin, 17 Juli 2017, di halaman SMAN 8 Pekanbaru.
 
Ia menginginkan para tenaga pengajar mampu memunculkan talenta siswanya di seluruh aspek pendidikan.
 
"Itu tanpa terkecuali olahraga maupun kesenian. Apa saja nama kegiatannya guru harus mampu memunculkannya dari siswa-siswanya. Motivasi siswa agar mereka berprestasi. Ini contohnya (Dean Fanggohans)," jelasnya. 
 
Dean Fanggohans, Anak Terpintar di Riau
 
DEAN Fanggohans (kanan) berdiri di samping Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Senin, 17 Juli 2017. Dean merupakan peraih medali emas Olimpiade Kimia di Thailand, 6-15 Juli 2017, Thailand.
 
 
Pada kesempatan sama, Kepala SMAN 8, Tavip Tria Candra, memastikan akan melakukan hal serupa digagas Plt Kadis Pendidikan Riau. 
 
 
Dean Fanggohans merupakan aset berharga dari SMAN 8 Pekanbaru akan untuk meningkatkan semangat siswa-siswa lainnya di sekolah tersebut. 
 
"Selanjutnya kami akan lakukan pembinaan secara intensif lagi. Seperti meminta bantuan dari alumni untuk membimbing adiknya. Berdasarkan pengalaman, banyak alumni menulari ilmu mereka pada adiknya. Seperti Dean misalnya. Bisa saja nanti mempersiapkan adiknnya untuk berlaga di ajang OSN selanjutnya di Padang," tutupnya.