Ada Pergerakan 4 Pesawat Tempur F16 ke Aceh. Ada Apa?

Pesawat-Tempur-F16.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Empat unit pesawat tempur F16 diberangkatkan dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud Rso) Pekanbaru, menuju Lanud Iskandar Muda, Aceh. 

Pemberangkatan empat unit pesawat tempur buatan Amerika Serikat atau satu flight ini, bukan terkait tingginya eskalasi politik dan keamanan di Asia Tenggara, melainkan hanya kegiatan rutin belaka berupa latihan serta pengamanan kawasan. 

"Benar, Senin lalu, 10 Juli 2017, telah diberangkatkan satu flight pesawat tempur F16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin menuju Lanud Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh," Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadi, Marsma TNI TBH Age Wiraksono, Rabu, 11 Juli 2017.

Baca Juga: (Video) Babinsa Tewas Ditikam, Pangdam Nyatakan 'Perang' Dengan Geng Motor

Marsma Age Wiraksono menjelaskan, seluruh prajurit yang terlibat untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam bertugas. "Utamakan faktor keamanan dan safety, agar tugas dapat terlaksana dengan aman serta lancar, hingga kembali ke home base nanti," imbuhnya.

Latihan di Iskandar Muda ini berlangsung hingga 13 Juli 2017 mendatang. Turut melibatkan empat pesawat tempur dari Skadron Udara 16 Lanud Rsn, serta 67 personel terdiri dari para penerbang, teknisi dan staf pendukung.

Juga tak ketinggalan melibatkan dua unit pesawat angkut militer TNI AU jenis C-130 Hercules dipergunakan mendukung pergerakan personel dan peralatan dibutuhkan. Selain itu juga dilibatkan helikopter Puma TNI AU guna melaksanakan misi Search and Rescue (SAR). 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline