Ruspan Aman Terima Kemenangan Wan Thamrin Hasyim Tanpa Kekecewaan

Pemilihan-Wagubri1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruspan Aman tampak sangat menerima kekalahannya atas Wan Thamrin Hasyim dalam pemilihan Wakil Gubernur Riau sisa masa jabatan 2014-2019, Selasa, 25 April 2017. Tak terlihat raut kekecewaan padanya terhadap hasil suara yang diperolehnya.

Tidak ada keecewaan saat Ketua DPRD Riau, Septina Primawati membacakan putusan atas kemenangan rivalnya yang sama-sama bernaung di bawah bendera Partai Golongan Karya (Golkar) itu, yang sempat meraih perolehan suara imbang hingga berakhir dengan perolehan suara 40-23 di putaran kedua.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, pengunjung yang menyaksikan jalan rapat paripurna di putaran kedua itu lebih didominasi oleh pendukung Wan Thamrin. Ketika nama Wan Thamrinpada surat suara yang dibentangkan mengungguli juniornya, sorak-sorai hingga riuh tepuk tangan menggema di ruang paripurna.

Baca Juga: Wakil DPRD: Tampuk Kekuasaan Penanggung Jawab Karhutla Ada pada Wagubri

Sebaliknya, ketika panitia pemilihan yang diketuai oleh Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson membacakan nama Ruspan Aman, ruang paripurna DPRD Riau mendadak hening.

"Yang jelas kita dengan adinda Ruspan Aman itu bukan orang lain lagi. Anda-anda lihat sendiri kan bagaimana saya dan adinda saya itu duduk mendengarkan dari awal hingga hasil diputuskan," kata Wan Thamrin Hasyim usai dirinya menang, Selasa, 25 April 2017.

Pada kesempatan yang sama, Wakil DPRD Riau, Novriwaldy Jusman menanggapi kemenangan Wan Thamrin sebagai bentuk demokrasi anggota dewan tanpa ada rekayasa, meski terlihat jelas perbedaan angka yang mencolok dari putaran pertama hingga ditetapkannya Wan Thamrin di putaran kedua.

Klik Juga: Wan Thamrin Hasyim Unggul 40 Suara Usai Dua Putaran Pemilihan Wagubri

"Ini kan dari masing-masing anggota, saya membebaskan. Memang ada satu sampai dua fraksi yang menginstruksikan untuk memilih salah satu calon, tetapi saya tidak. Voting hari ini mungkin ada banyak pertimbangan dari berbagai aspek kemudian anggota dewan putuskan Pak Wan Thamrin. Tetapi ya itu semua tidak ada yang mengaturnya dan semuanya clear and clean," tegasnya.

Usai membacakan putusan dan ditutup langsung oleh ketua DPRD Riau, Septina Primawati, seluruh yang hadir di ruangan termasuk Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman turut menyalami kedua calon yang telah menang maupun yang kalah kemudian bergegas meninggalkan ruangan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline