Mengapa Miringnya Pemasangan Baret TNI, Polri, dan Pramuka Berbeda?

Paskhas-TNI-AU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)

RIAU ONLINE - Pernahkan anda memperhatikan baret tentara, polisi dan pramuka? Selain warna yang berbeda, ternyata arah kemiringan baretnya juga berbeda. Mengapa berbeda-berbeda?

 

Arah miring baret dari TNI, Polri atau Pramuka menandakan tugas yang dimilikinya. Baret yang dikenakan dengan miring ke kiri adalah baret dari pasukan yang bertugas sebagai pelindung keamanan dan penegakkan hukum. Baret ini dikenakan oleh anggota Polri dan anggota TNI yang berdinas sebagai Polisi Militer.

 

Baret yang dikenakan dengan miring ke kanan adalah baret dari pasukan yang dipersiapkan untuk bertempur dalam medan perang. Baret miring ke kanan ini dikenakan oleh seluruh anggota TNI, kecuali yang berdinas di Polisi Militer.

Baca Juga: Beratnya Latihan Pasukan Raider TNI AD Bikin Militer AS Kebingungan 

 

Sebagaimana baret TNI, baret Pramuka juga dikenakan dengan miring ke kanan. Hal ini dikarenakan, dalam sejarah kelahirannya, Pramuka merupakan organisasi pasukan tempur cadangan.

 

Pramuka tidak langsung berperang, namun kepanduan (Pramuka era dulu) ditugaskan untuk memberi bantuan kepada para pejuang perang. Seperti, ketika ada pejuang yang terluka, maka Pramuka bertugas menggotong hingga merawatnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Instagram Indonesian Military

-->