Presiden Lantik Tito Karnavian sebagai Kapolri Siang Ini

Komjen-Pol-Tito-Karnavian.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAU ONLINE - Pada hari ini, Rabu, 13 Juli 2016, Presiden Joko Widodo akan melantik Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian sebagai Kepala Polri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Pelantikan akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

 

"Betul, besok (hari ini) Presiden melantik Kapolri yang baru, yakni Pak Tito Karnavian," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Prabowo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman KOMPAS, Rabu, 13 Juli 2016.

 

DPR RI menyetujui keputusan Presiden yang menunjuk Tito sebagai calon tunggal Kapolri. Persetujuan DPR disampaikan pada sidang paripurna 27 Juni lalu, setelah Tito menjalani uji kelayakan dan kepatutan Komisi III DPR.

 

Seluruh fraksi di Komisi III DPR menyatakan secara aklamasi bahwa perwira Polri angkatan 1986 itu lolos uji kalayakan dan kapatutan.

 

Johan menuturkan, Presiden hanya akan melantik jabatan Kapolri saja pada Tito. Sementara, terkait Wakil Kepala Polri akan ditentukan sesuai perundang-undangan.

BACA JUGA: Inilah Alasan Jokowi Calonkan Tito Jadi Kapolri

 

Terkait pengganti Tito sebagai Kapala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), menurut Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Presiden belum memutuskan.

 

Pratikno mengatakan hal itu dilakukan agar Tito dapat memberi masukan kepada Presiden soal siapa sosok yang tepat untuk mengisi jabatan Kapala BNPT.

KLIK JUGA: Tito Karnavian, Jenderal Polisi dengan Banyak Tanah

 

"Jadi memang ini Kapolri dulu. Kapolri diangkat, Kapolri baru juga kemudian punya aspirasi untuk sampaikan Pak Presiden pengangkatan kepala BNPT, agar segera diisi," ujar Pratikno.

 

Pratikno juga menambahkan, pengangkatan Kepala BNPT tidak akan dilakukan dalam waktu lama.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline