Aktual, Independen dan Terpercaya


Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Belum Naik

Pasar-Senapelan-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)

 

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang ramadan harga-harga kebutuhan pokok tampaknya tidak mengalami kenaikan. Seperti cabai merah yang mengalami penurunan harga.


"Kalau harganya naik mana ada dek. Ini saja harganya sudah turun. Hari minggu kemaren Rp 24 ribu per kilogram. Sekarang jadi Rp 20 ribu," ujar pedagang pasar pagi Arengka, Mak Kris kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin (30/5/2016).

 

Menurut Mak Kris, pada bulan puasa tahun lalu harga cabai yang berasal dari Jawa dan Medan mengalami penurunan. "Kalau puasa nanti Mak enggak tau naik apa enggak. Yang jelas tahun kemarin harganya turun," ucapnya.

 

Hal yang sama disampaikan pedagang daging sapi, Riki Rikardo. Riki mengatakan saat ini harga daging belum mengalami kenaikan, kemungkinan lonjakan harga akan terjadi pada dua atau tiga hari menjelang puasa.

BACA JUGA: Distanak Kota Pekanbaru Jamin Pasokan Daging Selama Ramadhan Cukup 

 

"Sekarang harga normal, masih Rp 120 ribu per kilogram. Nanti tiga atau dua hari mau puasa baru naik menjadi Rp 140 sampai Rp 150 ribu per kilogram. Biasanya sehari itu dua ekor, kalau bulan puasa bisa tiga ekor sapi," ucapnya.

 

Namun, kenaikan harga terjadi pada telur ayam beras dari harga Rp 35 ribu per papan menjadi Rp 40 ribu per papan. Kenaikan harga ini pada telur telah terjadi sejak Jumat (27/5/2016) lalu.

 

"Saya ambil telur ini kan dari Payakumbuh. Mereka naikkan dari hari Jumat kemaren dek, dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per papannya," tandas pedagang telur, Diyanti.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline