Dirjen Kementerian LHK Pantau 2 Titik Api di Tesso Nilo

Kebakaran-Lahan-dan-Hutan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Raffles B Panjaitan, melihat dua titik api di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melalui pantauan helikopter pagi tadi.

 

"Kita lihat ada dua titik, itupun kecil-kecil dan itu di mineral, bukan di gambut. Saya rasa sebentar itu akan habis," saat bincang-bincang dengan RIAUONLINE.CO.ID, di ruangan VIP Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru, Rabu, 6 April 2016.

 

Raffles menjelaskan, hari ini di TNTN tidak begitu mengkhawatirkan mengenai titik api meski wilayah itu tidak diguyur hujan. "Tetapi permasalahannya terletak pada taman nasionalnnya," ucapnya.

 

KLIK: 3000 Hektare Lahan Tesso Nilo Bakal Dipulihkan

 

Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDA) Fahril Fahtani mengatakan, setengah lebih taman nasional ini sudah tidak berfungsi lagi dan harus segera dilakukan penindakan.

 

"Karena memang separuh lebih Tesso Nilo itu sudah degradasi. Ini tidak ada cara lain adalah pemulihan," katanya.  

 

Ia mengaku baru saja memantau dengan helikopter melihat keadaan Tesso Nilo bersama Kepala Balai Besar KSDA Tandya Tjahjana, Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan Raffles B Panjaitan dan Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto