Pagi Ini, Titik Panas Terbanyak Masih di Meranti

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pagi ini, jumlah hotspot di Riau meningkat menjadi 31 titik. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak dari total hotspot yang terpantau di Pulau Sumatera yaitu, 42 titik.

 


Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru titik panas yang terpantau di Riau, sebarannya ada pada 6 kabupaten. Yakni Bengkalis dengan 9 titik, Kepulauan Meranti 11 , Pelalawan 7, Rohil dan Siak masing-masing 1 dan terakhir Indragiri Hilir terpantau 2 titik.

 

BACA JUGA : 310 Hektare Lahan Gambut di Meranti Terbakar

 

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Selasa (15/3/2016) menjelaskan, titik panas di Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen jumlahnya hanya ada 10 titik saja. "Sebarannya ada di Bengkalis dengan dua titik, Kepulauan Meranti lima titik, Pelalawan dua titik dan terakhir Inhil satu titik," terangnya.

 

KLIK JUGA : Kejaksaan Terima SPDP Perusahaan Pembakar Lahan

 

Daerah yang memiliki titik panas di atas 70 persen adalah Kecamatan Rupat, Bengkalis dengan 2 titik. Kemudian untuk Kabupaten Kepulauan Meranti meliputi Kecamatan Merbau, Tebing Tinggi Barat dan Rangsang Barat masing-masing terlantau 1 titik. Dan Kecamatan Tebing tinggi 2 titik. "Untuk Pelalawan terpantau dua titik ada di Kuala Kampar dan di Siak terpantau satu titik ada di Sungai Apit," ujar Sugarin.

 

Jika di sebagian wilayah Riau terjadi lonjakan titik panas, kata Sugarin, sebagian wilayah Riau yang lainnya malah terjadi hujan yang terjadi sejak kemarin malam hingga pagi hari ini.

 

"Sebagian wilayah Riau seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Inhu, Inhil, Pelalawan dan Kampar itu terjadi hujan bahkan Pekanbaru hingga pagi ini masoh terjadi hujan dengan intensitas ringan," tandasnya.

 

Sementara itu, provinsi lain di Sumatera yang terpantau hotspot ada di Aceh dan Kepri dengan masing-masing satu titik. Kemudian Sumatera Utara terpantau tujuh titik dan Sumatra Selatan terpantau dua titik.