BEI Pekanbaru Bidik Investor dari PNS

Bursa-Efek-Indonesia.jpg
(INTERNET)

 

 

Oleh: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Pekanbaru membidik investor baru dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) lewat kerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

 


Kepala BEI Cabang Pekanbaru Emon Sulaeman mengatakan pihaknya melihat jumlah PNS yang berinvestasi di pasar saham masih sedikit. Faktanya, kalangan pegawai ini lebih memilih untuk menanam saham di berbagai instrumen lain yang rawan penipuan.

 

“10 tahun terakhir ini kami melihat ada banyak PNS yang berinvestasi di beragam instrumen dan ini sangat berpotensi untuk diarahkan ke pasar saham. Bila tidak, malah dimanfaatkan oleh perusahaan investasi bodong,” katanya, Senin (29/2/2016).

 

Karena itu pihaknya menyatakan PNS merupakan potensi besar untuk dijadikan investor yang bisa dialihkan untuk mengembangkan modalnya di pasar bursa, meskipun tidak semua pegawai yang mengetahui adanya peluang investasi tersebut.

 

"Saat ini pihak kami menemukan banyak PNS yang berinvestasi di sektor tidak jelas, seperti investasi emas tetapi bodong tanpa ada fisiknya. Hal ini bisa terjadi karena ketidaktahuan aparatur negara itu tentang investasi yang benar dan dilindungi pemerintah," katanya.

KLIK JUGA : Bengkalis dan Meranti Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

 

Untuk itu, BEI dalam waktu dekat akan mengedukasi pemda di tingkat provinsi dan kabupaten kota se-Riau tentang pentingnya pengelolaan dana dan investasi yang benar, termasuk di pasar bursa yang dilindungi oleh hukum di Indonesia.

KLIK JUGA : Ini Tips Jika Ingin Sukses Ala Ketua KNPI Riau

 

Bahkan bagi pihak yang membutuhkan dukungan modal, BEI juga menawarkan bantuan lewat instrumen investasi di pasar saham, dengan cara menawarkan modalnya secara umum kepada masyarakat.

 

“Jelasnya kami ingin mengajarkan masyarakat termasuk kalangan aparatur negara soal investasi ini. Pasar saham tentunya menjadi pilihan yang kami tawarkan sebagai instrumen yang aman dan memberikan hasil baik bagi para investor yang bergabung,” katanya.

 

Sebelumnya Pelaksana Tugas Sekdaprov Riau Muhammad Yafiz menyambut baik adanya wacana edukasi dan sosialisasi program investasi oleh BEI Pekanbaru kepada PNS setempat.

 

“Kami mendukung upaya itu agar PNS berinvestasi di tempat yang benar dan tidak berisiko tertipu, karena bisa saja banyak yang memanfaatkan peluang tingginya minat investasi pegawai ke bidang yang salah,” katanya.

 

Karena itu, pihaknya memberi peluang kepada BEI untuk melakukan sosialisasi saat mengikuti rapat koordinasi bersama pemda kabupaten dan kota.

 

"Kami mengajak BEI mengikuti rapat koordinasi bersama pemda kabupaten dan kota nantinya, sehingga saat rapat itu bisa dimanfaatkan BEI sebagai ajang sosialisasi kepada pegawai," katanya.

 

Pada 2016 ini BEI Pekanbaru menargetkan investor baru sebanyak 5.000 orang dari semua kalangan termasuk PNS. Untuk 2015 lalu, BEI mencatat pertambahan investor sebanyak 1.150 dari semua kalangan.