Aktual, Independen dan Terpercaya


Bantuan Pendidikan Astra Jadi Pertama Kali Tiba di Morotai

Bantuan-Astra-untuk-Morotai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aksi donasi 1.500 pasang sepatu dan 250 tas sebagai bagian Program PT Astra Internasional Tbk , diberikan kepada pelajar pada 16 sekolah di Kabupaten Morotai, Maluku Utara.

 

Pembagian bantuan itu, dinilai tepat sasaran oleh instansi pendidikan provinsi tersebut. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara Imran Yakub mengungkapkan, bantuan pendidikan itu merupakan pertama kalinya diterima Morotai sebagai kabupaten kepulauan baru di Maluku Utara. (Baca Juga: Astra Bagikan 3.000 Pasang Sepatu dan 500 Tas di Tolitoli dan Mentawai

 

"Astra menjadi perusahaan pertama kali hadir di Morotai. Bantuan sepatu dan tas ini merupakan keputusan tepat sasaran, karena Morotai merupakan kabupaten kepulauan baru di provinsi ini. Ditambah lagi, masyarakat di sini masih trandisional. Anak sekolah tidak menggunakan seragam, apalagi tas dan sepatu," kata Imran, Rabu (27/1/2016), dalam rilisnya yang diterima RIAUONLINE.CO.ID.

 

Kepedulian Astra di Morotai sejalan dengan prioritas pemerintah provinsi Maluku Utara. Pasalnya, kata Imran, pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang membawa pengaruh berbagai ideologi asing.

 

"Jika tidak diperhatikan, rasa kebangsaan masyarakat Morotai bisa terkikis. Dengan kehadiran Astra yang menyentuh langsung masyarakat Morotai ini diharapkan kesatuan tetap terjaga dan senantiasa satu Indonesia," katanya.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morotai Ibrahim Husen juga menganggap bantuan sosial pendidikan tersebut sesuai dengan kebutuhan pelajar di Morotai yang sebagian besarnya bersekolah tanpa menggunakan alas kaki. (Klik Juga: PT CDN Akan Ikut Kontes Layanan Honda Nasional 2016

 

"Ini sangat tepat dilakukan. Karena, dari 82 Sekolah Dasar (SD), hanya 30 persen saja siswa yang memakai sepatu. Selebihnya sekolah dengan telanjang kaki," katanya.

 

Selain SD, meski terbilang baru dan perdana mendapat bantuan pendidikan, di Morotai ini sudah berdiri 24 Sekolah Menengah Pertama dan 11 Sekolah Menengah Atas.

 

Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan realisasi tanggung jawab sosial Astra di pilar pendidikan di Morotai ini merupakan titik keempat, sekaligus penutup agenda penyerahan bantuan Astra di daerah-daerah Indonesia yang memerlukan dukungan pendidikan.

 

"Sebelumnya aksi yang sama telah dilakukan di Mentawai, Tolitoli dan Kepulauan Aru. Di Morotai ini yang terakhir. Jadi, hari ini, Astra sudah berhasil menuntaskan rangkaian kegiatan pemberian 6.000 pasang sepatu dan 1.000 tas bagi anak-anak sekolah di wilayah barat hingga timur Indonesia," katanya. (Lihat Juga: Angka Penjualan Toyota Mencapai 321.818 Unit

 

Adapun sepatu dan tas yang disumbangkan oleh Astra berasal dari konversi ucapan terima kasih publik kepada guru, yang disampaikan melalui media sosial pada periode Mei-Juli 2015 yang disertai tagar "generAKSICERDASIndonesia".

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline