Tak Hanya Kongres Saja yang Ricuh, Pelantikan Pengurus PB HMI Pun Juga Ribut

Kongres-HMI-Ricuh.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Kisruh dan konflik di tubuh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tak hanya dalam pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar (Ketum PB) seperti saat Kongres di Pekanbaru, melainkan juga hingga detik-detik jelang pelantikan. 

 

Padahal, sesepuh HMI seperti Akbar Tandjung dan Menteri PAN dan RB, Yuddy Chrisnandi, telah hadir guna menyaksikan pelantikan di bawah kepengurusan terpilih Mulyadi P Tamsir, Jumat (8/1/2016) malam, di kampus UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. (Baca Juga: Kader Tuntut Mantan Ketua PB HMI Keluarkan Anggota yang Ditahan Polda Riau

 

Rencana semula, pelantikan dilakukan pukul 19.00 WIB, namun hingga pukul 22.00, pelantikan tak juga dimulai. Akhirnya, puluhan pengurus PB HMI Periode 2015-2017 baru bisa dilantik Sabtu (9/1/2016) dinihari pukul 01.00 WIB. 

 

Kepala Bidang Pengembangan Profesi PB HMI, Fat Haryanto, mengatakan, kericuhan bermula ketika ada seorang kader menuntut Ketua Umum PB HMI sebelumnya, Arief Rosyid Hasan, untuk mengeluarkan beberapa kader HMI masih ditahan di Polda Riau.

 

"Ada seorang kader HMI minta pada kepengurusan sebelumnya supaya segera melepaskan dan menjemput kader masih ditahan di Polda Riau. Karena hal tersebut situasi kemudian memanas, namun bisa segera dikondusifkan kembali oleh panitia," ungkap Fat kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu (10/1/2016). 

 

Namun kabar berbeda disampaikan Wabendum PB HMI, Angga Pratama. Menurut Angga, kericuhan terjadi karena belum selesainya susunan formatur kepengurusan oleh Ketum PB HMI terpilih, Mulyadi P Tamsir. Padahal dalam undangan, pelantikan dilakukan pada pukul 19.00. (Klik Juga: Sukses Gelar Kongres HMI, 7 Kader HMI Riau Jadi Pengurus PB HMI

 

"Hingga jam sepuluh malam masih ada tarik ulur mengenai formasi kepengurusan PB HMI, sehingga jadwal pelantikan jadi sangat molor sekali. Karena itulah banyak yang marah dan kesal karena sampai larut, acara belum juga dimulai," jelas Angga ketika ditemui.

 

Karena tarik ulur tersebutlah kemudian kepengurusan baru dilantik sekitar pukul 1.00 wib dinihari tadi. "Banyak sekali pihak yang mau memasukkan kader-kadernya ke dalan kepengurusan makanya  lewat jam 12 malam baru dilantik," jelasnya. 

 

Silakan ikuti terus dinamika Kongres HMI di Pekanbaru dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline