Benarkah Umur 40 Tahun Si Buyung Mengecil?

Pisang-Dipotong.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Banyak persepsi dan anggapan di tengah-tengah masyarakat “size does matter” semakin banyak diyakini. Walaupun kenyataannya, banyak juga kurang menyetujui anggapan tersebut.

 

Tingkat kepuasan dalam menjalai hubungan suami istri tidak dapat diukur hanya dari ukuran kelamin pasangan. Namun, banyak juga faktor lain di luar hal itu turut berperan, seperti kondisi psikis, dan gaya serta variasi dalam melakukan hubungan.

 

Ukuran penis pada pria satu dengan pria lainnya memang berbeda-beda. Sejauh ini, tutur dr Dyan Mega Inderawati, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, tidak ada cara aman terbukti dapat memperbesar penis. (Baca Juga: Hati-hati. Ciuman Bisa Tularkan Penyakit Herpes

 

Namun hati-hati, kebalikan dari memperbesarnya, penis justru dapat mengecil seiring dengan bertambahnya usia. Mengapa bisa demikian?

 

"Penambahan berat badan banyak dialami pria seiring bertambahnya usia. Lemak menumpuk di perut bagian bawah membuat penis seolah-olah terlihat terbenam sehingga terlihat lebih kecil," jelasnya. 

 

Ini, kata Dyan, dapat diatasi dengan mengubah pola diet. Sehingga berat badan menjadi normal. Dengan berkurangnya tumpukan lemak, penis seolah-olah mengecil dapat kembali terlihat berukuran normal.

 

Namun ada kondisi dimana ukuran penis menjadi kecil secara permanen dan tidak dapat dikembalikan ke ukuran normal lagi. Apa yang menyebabkan kondisi ini dapat terjadi? (Klik Juga: Wow. Senam Ini Kencangkan Otot-otot Kaum Hawa

 

"Ini terjadi karena ada dua mekanisme berperan. Mekanisme pertama menumpuknya lemak di pembuluh darah yang berperan mengalirkan darah ke penis saat terjadi ereksi," ungkapnya. 

 

Kondisi ini, tuturnya, dinamakan arterosklerosis. Kondisi kurang lebih sama terjadi pada pasien dengan penumpukan lemak di pembuluh darah jantung, menyebabkan serangan jantung.

 

Mekanisme kedua adalah karena faktor bertambahnya usia pada seorang pria. Penumpukan jaringan kolagen yang tidak elastis di ruang sekitar penis akan terjadi.

 

Ereksi dapat terjadi bila ruang di sekitar penis tersebut terisi darah. Penumpukan jaringan kolagen tersebut akan membuat sumbatan dalam pengisian ruang oleh darah. (Lihat Juga: Jangan Coba-coba Sentuh Pakai Tangan Bagian Tubuh Ini

 

"Bila ukuran penis mengecil, ukuran testis juga biasanya mengecil. Mulai usia 40 tahun, testis akan mulai mengecil. Bila pada usia 30 ukuran testis mencapai 3 cm, saat usia 40 tahun ukurannya dapat mengecil hingga 2 cm," jelasnya. 

 

Pertambahan usia memang tidak dapat dihindari, begitu pula dengan perubahan komposisi tubuh yang mengikuti pertambahan usia tersebut. Namun dengan menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat, setidaknya Anda dapat mengurangi satu faktor risiko yang dapat membuat ukuran penis Anda mengecil di kemudian hari. Oleh karena itu, mulailah hal ini dari sekarang.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline