Tak Mau Kalah, KPU Konsolidasi Siapkan Bahan Jelang Sidang di MK

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar rapat persiapan bersama delapan KPU kabupaten guna mempersiapkan materi beracara menghadapi gugatan pasangan calon di Mahkamah Konstitusi (MK), awal Januari 2016 mendatang.

 

Materi tersebut dipersiapkan sebagai bahan pembelaan terhadap penggugat pasangan calon yang kalah dalam gelaran Pilkada serentak 9 Desember 2015. (Baca Juga: Gugat ke MK, Adakah Pengaruhnya ke Jadwal Pelantikan Calon Terpilih?

 

Sebanyak delapan KPU hadir dalam rapat ini, kecuali Kota Dumai. Dumai tidak hadir karena telah menetapkan pasangan calon pemenang terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai. 

 

"Rapat kita hari ini untuk mengidentifikasi materi apa saja akan menjadi pokok keberatan penggugat yang paling memungkinkan diajukan mereka ke MK. Makanya kita hadirkan semua KPU daerahnya digugat ke MK," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Hukum, Ilham M Yasir ketika ditemui di ruangannya, Selasa (29/12/2015) petang.

 

Dalam rapat ini, semua KPU dituntut mempersiapkan dan mengidentifikasi segala materi mungkin akan digugat penggugat. Identifikasi ini dilakukan, walaupun KPU belum mengetahui materi gugatan apa yang diajukan oleh para pihak penggugat.

 

"Identifikasi ini kami lakukan guna mempersiapkan segala kemungkinan terjadi pada ketetapan akan dibacakan Panitera terkait lolos tidaknya gugatan para penggugat tersebut di MK. Jika tidak diloloskan, kita bersyukur artinya pekerjaan kita dianggap tak ada cacat. Namun jika mereka diloloskan kita sudah tahu materi apa saja akan dikabulkan MK. Itulah gunanya identifikasi kita hari ini," urai Ilham. (Klik Juga: Ingin Gugatan ke MK Menang? Ini Triknya

 

Secara umum identifikasi dan persiapan materi KPU sudah matang dan siap. Seluruh persiapan dilakukan secara mendetil penuh dengan dokumentasi serta data bukti lengkap. Namun begitu, KPU tinggal menunggu keputusan dari Panitera MK pada awal bulan Januari mendatang.

 

"Kalau menurut jadwalnya itu pengumuman oleh Panitera akan diumumkan sekitar 3 atau 4 Januari 2016. Sekarang masih tahap verifikasi syarat. Semoga semuanya berjalan lancar," tutur Ilham.

 

Simak berita seputar Pilkada Serentak lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline