Kader HMI Makassar Pukul Kader Ambon Pakai Kursi

Kongres-HMI-Ricuh.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lagi-lagi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) asal Makassar berulah. Kali ini, aksi seorang kader HMI dari Badko Sulsel-Bar tersebut memicu aksi kerusuhan lebih massal lagi dengan melibatkan kader HMI lainnya dari berbagai daerah. 

 

Kejadian memalukan di arena Kongres HMI terjadi Jumat (4/12/2015) dini hari di GOR Remaja. Ratusan kader HMI kembali melakukan perusakan dan tawuran. Aksi saling serang dan lempar batu pecah di jalan protokol Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. (Baca Juga: Baku Hantam Saling Pukul di Arena Kongres HMI

 

Aksi saling lempar ini merupakan buntut dari bentrok terjadi antara peserta kongres dengan peserta lainnya berakibat kongres deadlock dan kerusuhanpun tak terhindarkan.

 

Kerusuhan ini awalnya antarpeserta kongres, kemudian berujung pada tawuran antardaerah dan melibatkan antarsuku. Konflik ini dipicu seorang kader HMI asal Makassar memukul kader HMI asal Ambon, Maluku. Ini lah penyulut konflik ini menjadi konflik SARA.

 

Seorang kader HMI asal Ternate, Ijat mengatakan, ketika itu seorang satu kader asal Makassar melakukan pemukulan kursi terhadap kader asal Ambon yang mengakibatkan luka memar pada korban. (Klik Juga: Kongres HMI Diperpanjang Biaya Membengkak Rp 1 Miliar

 

"Karena ada kader asal Badko Maluku yang dipukul akhirnya semuanya menanggapinya dengan keras. Kita melakukan pengejaran terhadap pelaku pemukul kader tersebut karena akibatkan dampak yang cukup parah bagi teman tersebut," ujar Ijat yang juga merupakan Sekum salah satu komisariat di Ternate ini.

 

Akibat kerusuhan tersebut, gelaran kongres akhrinya terhenti. Arena kongres dirusak dan di porak-porandakan oleh kader-kader HMI sehingga tempat tersebut tak lagi bisa digunakan sebagai tempat kongres.

 

"Bisa dilihat sendiri bagaimana brutalnya kawan-kawan dari Makassar itu. Mereka yang melakukan perusakan terhadap semua fasilitas yang ada di arena kongres dan akibatnya kongres ditunda lagi sampai waktu yang belum ditentukan. Tentu ini sangat merugikan sekali bagi kita semua," tandas Ijat kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat (4/12/2015). (Lihat Juga: Repotnya Pemulangan Massa HMI, Polisi dan Mahasiswa Cekcok

 

Silakan ikuti terus dinamika Kongres HMI di Pekanbaru dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline