KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih 75 persen

Pilkada.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau optimis pilkada serentak berjalan lancar, baik partisipasi maupun penyelenggaraan.

 

Komisioner KPU Riau Divisi Logistik dan Umum, Syafril Abdullah mengatakan melihat iklim politik di Riau hari ini, tidak ada kesulitan bagi Riau untuk mencapai target partisipasi dari nasional. Bahkan diprediksi untuk melewati sekalipun tidak terlalu sulit. (KLIK: Darah Berserakan di Teras Kejati Riau)

 

"Kalau target nasional itu tingkat partisipasi pemilih itu sebesar 75 persen. Tapi melihat Riau hari ini, rasanya tidak lah sulit untuk mencapai dan melewati target yang telah ditetapkan oleh nasional," ungkap Syafril, ketika ditemui RIAUONLINE.CO.ID di ruangannya, Kamis (19/11/2015).

 

Menurutnya pasca pemilihan presiden lalu dan sejak terpilihnya Presiden Joko Widodo sebagai presiden, ada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara Pemilu yang dianggap sudah kredibel dan berelektabilitas. (BACA: Gerak Gantung Bra di Pagar Kejati Riau)

 

"Sejak terpilihnya Pak Jokowi kemarin, ada peningkatan signifikan dalam Pemilu. Masyarakat memandang kalau penyelenggara Pemilu sudah dapat dipercaya. Dan hal ini akan berdampak langsung pada partisipasi yang terjadi di Pilkada serentak nanti," tutur Syafril.

 

Selain itu, salah satu paradigma yang masih melekat di masyarakat, masih lebih banyak berpartisipasi dalam Pilkada ketimbang Pilpres maupun Pileg. Hal ini menurut Syafril, dapat menjadi ukuran kalau dalam Pilkada partisipasi masyarakat akan jauh lebih tinggi ketimbang dalam gelaran Pilpres dan Pileg.

 

"Melihat Riau hari ini kita tetap optimis kalau partisipasi pemilih kita akan melebihi 75 persen. Semoga saja," tandasnya.