(Video) Menjaga Atraksi Seni Beladiri Silek Lanyah dari Kepunahan

 

RIAU ONLINE - Pernah menyaksikan atraksi Silek Lanyah? Silek Lanyah artinya silat di Lumpur. Ini adalah seni beladiri turun temurun negeri Minangkabau, tepatnya Kubu Gadang, Pandang Panjang, Sumatera Barat.

 

Bagi masyarakat Kubu Gadang, Silek Lanyah yang sengaja dilakukan di dalam lumpur merupakan salah satu metode belajar dalam seni beladiri silat.

 

Setelah sempat mati suri, saat ini Silek Lanyah menjadi seni beladiri tradisi Minangkabau yang kembali diangkat untuk dilestarikan oleh masyarkat Kubu Gadang, Padang Panjang.

 

Upaya untuk menjaga kelestariannya, tradisi Silek Lanyah ini mulai dipublikasikan oleh generasi muda di Kubu Gadang dan dijadikan sebagai salah satu paket wisata tradisi dari Kampuang Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang.

 

 

"Silek Lanyah" Silat Dalam Lumpur

"Silek Lanyah" berati Silat Di Dalam LumpurKontributor video : Mevi RosdianVideo source : https://www.youtube.com/watch?v=5Dc2YUyCnYISilek lanyah ini merupakan tradisi turun temurun masyarakat Kubu gadang Padang Panjang. Silat di dalam lumpur adalah salah satu metode pembelajaran di dalam belajar silat bagi masyrakat Kubu Gadang Padang Panjang. Saat ini generasi muda di Kubu Gadang mulai mempublikasikan aktifitas ini menjadi salah satu paket wisata tradisi di kampung mereka ( Kampuang wisata Kubu Gadang Padang Panjang.)#WonderfulMinangkabau

Posted by Minangkabau - West Sumatra on 11 November 2015

 

 

 

Melalui video yang diunggah di media sosial facebook, RIAUONLINE.CO.ID mengajak Anda untuk menyaksikan tradisi kesenian beladiri yang sempat mati suri ini. (LIHAT JUGA: (Video) Anak Gajah Terperangkap dalam Lubang Berlumpur)

 

Diikuti alunan musik khas Sumatera Barat yang dimainkan oleh anak muda setempat, dengan seragam silatnya, dua pemuda menunjukkan kemahirannya dalam melakukan beladiri Silek Lanyah di podium penuh lumpur.

 

Sumber: Akun Facebook Yustanur