Kasus Positif Covid-19 di Bengkalis Capai 202 Orang

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Bengkalis terus bertambah. Hingga Sabtu kemarin, penambahan kasus baru sebanyak 19 orang, sehingga total kasus Covid-19 di Bengkalis mencapai 202 kasus.

Jumlah pasien masih dirawat di rumah sakit sebanyak 7 orang dan isolasi terpadu di Balai Diklat sebanyak 21 orang serta isolasi mandiri di rumah sebanyak 75 orang.

"Sedangkan yang dinyatakan sembuh sejak kemarin ada sebanyak 2 Orang," kata Juru Bicara Satgas Tim Penanganan Disiplin protokol Kesehatan Covid-19 Bengkalis Poppi Yulia Santisa.


Menurut Popi, dari 19 kasus terkonfirmasi baru ini, sebelas kasus penambahan baru berasal dari kecamatan Mandau. Tiga kasus dari Kecamatan Bengkalis, serta dari kecamatan Bantan dan bukit Batu masing masing 2 kasus dan dari kecamatan Siak Kecil 1 kasus.

"Satu Diantara kasus baru tersebut merupakan balita berusia 7 bulan, kontak erat dengan pasien 119 yang merupakan orangtua balita tersebut. Saat ini balita tersebut diisolasi secara mandiri di rumah, sementara ayahnya yang juga positif sudah diisolasi di Balai Diklat, sementara ibunya negatif," tambahnya.

Poppi meminta masyarakat untuk melaporkan ke Puskesmas terdekat jika sudah melakukan rapid test dan swab. Baik dengan hasil negatif maupun positif guna memudahkan penanganan dan pelacakan kasus.

Sementara untuk tempat isolasi terpadu di Balai Diklat hanya diperuntukan bagi pasien yang terkonfirmasi positif tanpa gejala spesifik, namun rumahnya tidak layak untuk pelaksanaan isolasi mandiri.

“Isolasi terpadu itu diperuntukkan bagi warga yang rumahnya tidak memenuhi standar dan kualitas untuk melaksanakan isolasi mandiri, atau tidak ada yang mengurus di rumahnya. Warga yang saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah jika tidak menerapkan protokol kesehatan juga akan dibawa ke tempat isolasi terpadu," tandasnya.