Heboh, Penemuan Sarang dan Telur Ular Piton di LahanTerbakar Pangkalan Kerinci

Sarang-telur-sanca.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kendati Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci sudah padam pada Minggu 16 September 2018, ada kejadian horor sekaligus menggelikan petugas tim gabungan pemadaman.

Saat melakukan pemadaman api hari Jumat 14 September 2018 sore lalu, tim dikejutkan dengan penemuan sarang ular piton di tengah semak belukan yang sudah gosong dilalap api. Bahkan petugas melihat ada belasan telur berukuran besar yang diduga milik ular tersebut.

"Itu sarang ular piton. Kita tahu karena kita sudah sering menemukan sarang seperti itu saat pemadaman dibeberapa tempat," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio.


Hadi Penandio menerangkan, petugas tidak melihat ular tersebut saat menemukan sarangnya. Diduga ular sanca itu sudah pergi ketika api mulai membakar lokasi disekitarnya. Jika dilihat dari ukuran telurnya, ular tersebut tidak kecil.

"Kami selalu menekankan kepada anggota, keselamatan diri lebih diutamakan saat pemadam, termasuk dari binatang ataupun hewan buas. Jadi mesti jeli melihat situasi di lapangan," tandasnya.

Penemuan sarang maupun hewan saat operasi pemadaman Karhutla bagi tim bukan kali ini saja. Bahkan hal itu sudah menjadi selingan setiap proses pemadaman api di beberapa wilayah.

Kondisinya akan lebih horor lagi apabila Karhutla terjadi di daerah Teluk Meranti hingga Pulau Muda. Mulai bertemu dengan beruang, ular, hingga menemukan jejak serta kotoran Harimau.(*****)