Dewan Pengawas Dukung Langkah Dirut PD Rokan Hulu Jaya Audit Internal

Bupati-Lantik-Dirut-PD-Rohul-Jaya.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PASIR PENGARAIAN – Dewan Pengawas Perusahaan Daerah (Dewas Perusda) Rokan Hulu Jaya mendukung penuh langkah dilakukan Direktur Utama Marjeni untuk melakukan bersih-bersih di internal usai dilantik sebagai Bupati Sukiman, Jumat, 29 November 2019. 

Bupati Rokan Hulu (Rohul), Sukiman, melantik Marjeni sebagai Dirut, serta dua Dewas, Alfirdaus dan Imran Tambusai. 

“Kita harus bergerak cepat dan bersih-bersih di Perusda. Ini sesuai perintah Bupati tadi. Sebagai Dewas, kamu sangat mendukung penuh langkah Dirut Marjeni mengaudit total Perusda. Ini akan melibatkan auditor  independen,” ungkap Imran Tambusai, Senin, 2 Desember 2019. 

Saat memberikan kata sambutan saat melantik Dirut, dan dua anggoat Dewas, Bupati Sukiman menyentil keberadaan Perusda Rohul Jaya bagi daerah. 


Ketika itu, Sukiman menjelaskan, sejak berdiri 22 Juli 2002, keberadaan Perusda Rohul Jaya antara ada dan tiada. Untuk itu, tutur Imran, perlu upaya serius bagi Dirut, dirinya bersama Alfirdaus, sebagai Dewas, bersama-sama mengembalikan Perusda ini ke jalur bisnis sebenarnya.

Langkah bersih-bersih dan secepatnya mengembalikan Perusda Rohul Jaya kembali ke jalur bisnis dengan memberikan manfaat bagi daerah, didukung penuh Anggota Dewan Pengawas lainnya, Alfirdaus.

Ia mengatakan, rencana audit terhadap Perusda Rohul Jaya tidak dimaksudkan mencari-cari kesalahan pihak pengelola terdahulu. 

“Sebenarnya audit merupakan hal biasa dan lumrah dilakukan secara berkala setiap entity bisnis. Khusus Perusda Rohul Jaya, bisa saja nanti audit akan dimaknai secara politis oleh pihak-pihak tertentu. Padahal, tujuan awal pendirian Perusda adalah untuk kegiatan ekonomi, bukan yang lain,” ujarnya.