Belasan Peserta Daftar Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kuansing

Novrion.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Sebanyak 13 peserta ikut mendaftar seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuansing. Pendaftaran resmi ditutup pada 1 Desember 2023 lalu.

"Ada 13 peserta yang ikut mendaftar menjadi calon pimpinan Baznas Kuansing," ujar Kepala Bagian Kesejateraan Sosial (Kesra) Setda Kuansing, Novrion yang ditemui RIAUONLUNE.CO.ID, Selasa, 5 Desember 2023.

Saat ini panitia tengah melakukan seleksi administrasi kelengkapan berkas yang sudah disampaikan oleh masing-masing peserta. Dimana hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 6 Desember 2023.

Adapun 13 peserta yang telah mendaftar mengikuti seleksi calon pimpinan Baznas Kuansing diantaranya Efi Junaidi, Urdianto, Darwis, Aprinedi, H Yaramis, H Chaidir Arifin, Gustaf Kasibes, Indra Sukri, Darmawan, Emil Harda, Wigati IswanDhiari, Syafriadi dan Zubirmab.

"Setelah seleksi administrasi selesai nantinya tahapan selanjutnya tes kompetensi direncanakan 11 Desember 2023, kemudian wawancara pada 13 Desember 2023. Untuk tempat rencananya di Sekretariat Daerah (Setda)," ujar Novrion.

Diberitakan sebelumnya, masa kepengurusan Baznas Kuansing sebenarnya sudah berakhir sejak 28 Desember 2021 lalu.  Meskipun sudah ada 12 nama lulus hasil seleksi namun sampai sekarang tidak diketahui ujung pangkalnya.

Sebenarnya tim pansel sendiri sudah bekerja melakukan seleksi awal 2022 lalu. Sudah ada 12 nama yang diusulkan oleh Pansel ke Plt Bupati saat itu. Namun hingga kini kabarnya 12 nama tersebut belum diusulkan ke Baznas pusat.

Terkait kondisi tersebut Ketua Pansel Baznas Kuansing saat itu Muhjelan mengaku sudah mengusulkan nama-nama yang lolos ke Bupati.

"Pansel sudah selesai bekerja, dan hasil akhir kerja pansel sudah mengusulkan ke pak Bupati untuk dilanjutkan permintaan ke Baznas pusat," ujar Muhjelan.

Akibat tidak adanya kejelasan, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat itu menunjuk tiga Pelaksana tugas (Plt) pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuansing.

Penunjukan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Nomor Kpts.246/IX/2022 tanggal 13 September 2022.

Tiga orang yang ditunjuk Plt Bupati Suhardiman menjadi Plt pimpinan Baznas Kuansing diantaranya dari unsur Ulama yakni Syafriadi. Dan dua lagi dari unsur profesi yakni Muradi dan Masrul Hakim.

Penunjukan tiga Plt pimpinan Baznas tersebut setelah berakhirnya masa jabatan pimpinan Baznas Kuansing sebelumnya yang sudah dua kali dilakukan perpanjangan.

Pemerintah Kabupaten Kuansing tidak lagi memperpanjang kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kuansing, setelah dua kali dilakukan perpanjangan.