Bupati dan Fraksi Gerindra Kompak Absen Rapat Paripurna RAPBD Kuansing 2024

Rapat-DPRD-Kuansing9.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Selain Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Fraksi Partai Gerindra DPRD Kuansing juga tidak terlihat hadir saat rapat paripurna agenda pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Kuansing, Jumat, 24 November 2024 malam.


Rapat paripurna Jumat malam tidak satupun dihadiri pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing. Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Kuansing Darmizar dan dihadiri Ketua DPRD Kuansing Adam.

Dari 9 fraksi di DPRD Kuansing hanya fraksi Gerindra DPRD Kuansing yang tidak menyampaikan pandangan umum fraksinya karena memang tidak satupun yang hadir.

Meskipun kuorum rapat terpenuhi namun tidak satupun pejabat yang mau hadir memenuhi undangan Ketua DPRD Kuansing. Rapat dihadiri 20 anggota DPRD Kuansing dan 13 lainnya tidak hadir tanpa ada keterangan termasuk fraksi Gerindra.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kuansing Solehudin yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 25 November 2023 terkait ketidakhadiran pada rapat paripurna tersebut belum memberi keterangan.

Anggota Fraksi Gerindra Gusmir Indra tidak hadir dengan alasan karena belum adanya Kesepakatan Hasil Pembahasan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kuantan Singingi Dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kuantan Singingi Terkait Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Jawaban yang sama juga disampaikan Sekda Kuansing Dedy Sambudi dikonfirmasi Sabtu siang. Alasan ketidakhadiran TAPD pada rapat paripurna tersebut pihaknya telah menyurati DPRD Kuansing.

Surat dengan nomor 011/SETDA-UM/2023/1890 perihal surat balasan undangan Ketua DPRD dibuat pada Jumat, 24 November 2024 berisi belum dapat memenuhi undangan Ketua DPRD Kuansing.

Dalam surat tersebut Sekda beralasan belum adanya kesepakatan antara komisi-komisi DPRD dengan perangkat daerah dan TAPD dengan Banggar terhadap hasil pembahasan RAPBD Kuansing Tahun 2024.

Kemudian terhadap perubahan RAPBD 2024 belum ada hasil berita acara pembahasan RAPBD 2024 yang ditandatangani oleh DPRD Kuansing dengan TAPD Kuansing.