Nyebelin, Uang Sudah Ada tapi Sertifikasi Guru di Kuansing Tak Cair Sebelum Lebaran

Uang47.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Tunjangan Perofesi Guru (TPG) atau dana sertifikasi yang ditunggu ribuan guru di Kuansing dipastikan cair setelah lebaran. Dana tersebut belum bisa disalurkan ke rekening guru pemerima sertifikasi karena belum adanya pengajuan dari Dinas terkait.


BPKAD sendiri menyatakan tidak lagi bisa memproses pencairan mengingat hari ini (Kamis,red) merupakan hari terakhir masuk kantor. Sementara berkas pengajuan sampai kini belum diterima oleh BPKAD.   

 

 

"Sampai kini (Kamis, red) belum ada pengajuan dari dinas (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,red) ," kata Plt Kepala BPKAD Kuansing melalui Kepala Bidang Perbendaharaan, BPKAD Kuansing, Reno, Kamis, 28 April 2022.

Reno mengatakan, dana tersebut sudah masuk ke kas daerah. Totalnya mencapai Rp 26 miliar lebih. "Dana untuk TPG ini sudah masuk sejak 26 April 2022 kemarin," katanya.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing, Masrul Hakim memastikan kalau dana TPG tersebut tidak cair jelang lebaran tahun ini.


"Dana sudah ada. Cuma, proses verifikasi lama dan itu tidak terkejar jelang lebaran ini. Insya Allah akan kita proses pasca lebaran nanti," ujar Masrul dihubungi wartawan, Kamis, 28 April 2022.

Dia mengatakan, sebelum disalurkan pihaknya masih melakukan verifikasi terhadap berkas guru penerima. "Ada 1.600-an guru yang sudah keluar SK dari Kemendikbud untuk menerima TPG," katanya.