Seekor Buaya Muncul ke Permukaan di Desa Luai Kuansing

anak-buaya.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Warga Desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau dikejutkan dengan munculnya seekor buaya di Sungai Kuantan, Sabtu, 16 Oktober 2021 sore kemarin.

Awalnya buaya berukuran lebih kurang 1,5 meter tersebut hanya muncul sesaat dan terlihat oleh warga.

"Ada anak buaya," kata warga Desa Luai yang berada di tepi Sungai Kuantan saat itu.

Lebih kurang 2 menit menghilang, lalu seekor anak buaya tersebut kembali muncul dan terlihat jelas berenang menuju hulu sungai ke pulau Desa Rantau Sialang. Anak buaya tersebut dengan santainya berenang di atas permukaan sungai menuju hulu sungai kuantan.


Warga yang kebetulan berada di tepi sungai kuantan langsung mengabadikan momen tersebut dengan merekam anak buaya tersebut.

"Habitat mereka terganggu, makanya sekarang buaya sering muncul," ujar Hengki warga Lubuk Jambi yang kala itu juga melihat kejadian tersebut.

Hengki berharap warga yang mandi disungai kuantan untuk tetap waspada. Karena memang buaya sering kali muncul ke permukaan. "Kemungkinan jumlahnya sekarang sudah banyak," katanya.

Dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dibeberapa tempat disepanjang alirang sungai kuantan membuat habitat buaya seringkali muncul. Diduga kehadiran aktivitas tersebut sangat mengganggu terhadap hewan buas tersebut.