Kondisi Gedung dan Bangunan SMAN Pintar di Kuansing Mulai Memprihatinkan

sekolah-rusak.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kondisi gedung dan bangunan SMAN Pintar Provinsi Riau di Kabupaten Kuansing mulai memprihatinkan. Kondisi gedung dan bangunan yang dibangun Pemkab Kuansing dulunya kini sudah mulai banyak yang rusak.

Kepala Sekolah SMAN Pintar Provinsi Riau, Familus mengatakan, saat ini sekolahnya membutuhkan rehab dari Pemprov Riau. Selain rehab, SMAN Pintar Riau juga membutuhkan anggaran untuk pemeliharan.

"Kita butuh rehab karena sejumlah plafon sudah mulai banyak yang rusak. Begitu juga atap bangunan harus diganti," kata Familus kepada Riau Online, Sabtu, 20 Maret 2021.

Dikatakan Familus, SMAN Pintar membutuhkan dana untuk pemeliharaan mulai pengecatan bangunan, rumah dinas, ruang pertemuan dan bangunan lainnya.


"Pemeliharaan penting, harus ada anggaran untuk pemeliharaan. Ini sudah kita usulkan ke Provinsi," katanya.

Sejak diambil alih Provinsi pada 2017 lalu, anggaran untuk pemeliharaan cukup minim."SMAN Pintar ini dibangun sudah cukup lama, jadi butuh dana pemeliharaan. Anggaran untuk itu memang ada tapi masih kecil," katanya.

SMAN Pintar yang berada di Kabupaten Kuansing ini memiliki lahan seluas 10 hektar. Dulu dibangun megah oleh Pemkab Kuansing. Namun pada 2017 kewenangannya diambil alih oleh Pemprov Riau.

SMAN Pintar bisa menampung 12 Rombongan belajar (Rombel). "Kalau kini yang dipakai 9 hanya rombel," kata Familus.