Korban Kapal Terbalik di Sungai Kampar Ditemukan Meninggal di Hari ke-5 Pencarian

Evakuasi-korban-kapal-tenggelam.jpg
(Dok. SAR)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Korban kapal nelayan yang terbalik di Sungai Kampar, Bustami, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Minggu, 3 Desember 2023.

Bustami ditemukan setelah tim gabungan melakukan pencarian dan pertolongan selama lima hari.

"Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di arah hilir sungai," ujar Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi, Senin, 4 Desember 2023.

Lanjut Budi, tim sudah beberapa kali melakukan penyisiran ke arah hilir sungai sepanjang 2-3 km, namun belum membuahkan hasil. Di hari ke-5, tim gabungan memperpanjang jarak pencarian hingga 5 km.

Korban ditemukan dalam kondisi mengapung tersangkut. Korban lalu dimasukkan ke dalam kantong mayat dan dilakukan proses selanjutnya.


"Dengan ditemukannya korban, operasi pencarian serta pertolongan ditutup," tegas Budi.

Sebelumnya, satu unit kapal nelayan dilaporkan terbalik di Sungai Kampar, Desa Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa, 28 November 2023 pukul 09.30 WIB.

Satu orang nelayan laki-laki atas nama Bustami (62) dilaporkan hilang usai Insiden kapal terbalik tersebut.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi mengatakan tim SAR mendapat informasi kapal terbalik tersebut sekitar pukul 11.10 WIB.

"Kita mendapat laporan adanya kapal nelayan terbalik dan tenggelam. Mendapat informasi tersebut, tim kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan pertolongan," ujar Budi Cahyadi, Selasa, 28 November 2023.

Budi Cahyadi juga mengatakan nelayan atas nama Bustami tersebut hendak mencari ikan, namun kapalnya terbalik.