Polres Kampar Selidiki Pelaku Pembakaran Lahan Milik Polda Riau

Lahan-polda-riau-yang-terbakar.jpg
(Dok. Manggala Agni)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Polres Kampar melakukan penyelidikan kebakaran lahan milik Polda Riau di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, pada Senin, 7 Agustus 2023. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui adanya unsur kesengajaan maupun pelaku di balik karhutla tersebut

Lahan milik Polda Riau seluas 108 hektare itu terbentang luas di Kecamatan Tapung. Namun, yang terbakar seluas 2 ha.

"Kita akan selidiki. Namun kita masih fokus pendinginan karena lahan gambut rawan muncul api kembali," ujar Kapolres Kampar, AKBP Ronald Sumaja, Selasa, 8 Agustus 2023 malam. 

Saat ini, pendinginan tengah dilakukan di lokasi karhutla setelah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Manggala Agni Pekanbaru, TNI dan Polri. Pemadaman dilakukan menggunakan mesin pompa air. 


Lahan yang terbakar tersebut tampak hanya berisi semak dan  ilalang. Di lahan itu, juga ada plang yang bertuliskan 'Tanah Milik Polda Riau'.

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera IV/ Pekanbaru, Chaerul Parsaulian Ginting mengatakan  

titik api karhutla di lahan milik Polda Riau diketahui pada, Senin, 7 Agustus 2023 sore. Pemadaman cukup sulit dilakukan karena lahan gambut.

"Kedalaman gambutnya 2 sampai 3 meter. Sekarang api sudah masuk ke dalam gambut, sehingga proses pemadaman cukup memakan waktu," terang Chaerul.