Meriahnya Malam Takbiran di Siak Berhadiah Rp54 Juta

takbiran.jpg

RIAUONLINE, SIAK - Plt Bupati Siak, Alfedri melepas rombongan pawai takbiran yang diikuti oleh masyarakat Dayun, Siak, Mempura dan Bungaraya yang begitu antusias dengan dikawal oleh kepolisian, dan Dinas Perhubungan.

Pembukaan pawai takbir dilaksanakan di jalan Raja Kecik depan komplek Abdi Praja, Kamis (14/06/2018) malam. Pria yang akrab disapa Bang Al ini dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan pawai takbiran Idul Fitri 1439 Hijriah merupakan upaya umat islam untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam.

Alfedri berpesan para pengendara motor dan kendaraan roda empat agar tertib berlalu lintas dan menghormati kendaraan lainnya. Selain itu melalui pawai takbir idulfitri ini hendaknya mampu menumbuhkan nilai-nilai ukhuwah islamiah dan silaturahmi.

"Pawai takbir ini merupakan wadah syiar Islam dan perayaan Hari Raya Idulfitri 1439 H. Saya pesan kepada masyarakat yang merayakan idulfitri untuk menjaga silaturahmi dan saling memaafkan di hari raya yang suci ini," ucapnya.


Alfedri juga menyampaikan ucapan selamat hari raya idul fitri serta permintaan maaf kepada masyarakat kabupaten Siak, jika selama ini khilaf, baik itu perkataan maupun perbuatan.

Pawai takbir yang diadakan setiap tahun di Siak itu diikuti perwakilan dari 4 kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah, organisasi masyarakat Islam, serta mushola dan masjid di masing-masing kecamatan.

Pawai juga diperlombakan dengan total hadiah Rp 54 juta dan tropi. "Penilaian pawai takbir antara lain lafadz dan suara, dekorasi, kerapian dan keserasian, serta kekompakan, dan pemenangnya akan diumumkan pada saat pelaksanaan shalat ied esok pagi.

Pantauan di lapangan, pada umumnya peserta pawai membuat mobil hias miniatur masjid dan anak-anak berjalan kaki sambil membawa obor. Sementara itu, warga berbondong-bondong datang sambil duduk di pinggir jalan. Mereka ingin melihat dari dekat kemeriahan pawai takbir Idul Fitri yang dilaksanakan.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah dipusatkan di pelataran pentas Siak Bermadah dan akan dialihkan ke Masjid Sultan Syarif Hasyim komplek islamic center Siak.