Sudah 10 Hari Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera TPNPB-OPM

Captain-Philip-Mehrtens.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PAPUA-Pilot pesawat milik maskapai Susi Air, Philip Mark Mehrtens sudah 10 hari disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Philip yang berasal dari Selandia Baru ditangkap Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB-OPM sejak pesawat yang ia tumpangi dibakar pada Selasa (7/2/2023).

Sejak itulah sejumlah upaya penyelamatan Philip dilakukan oleh pemerintah Indonesia, melalui TNI-Polri.

Apa saja upaya pembebasan Philip yang dilakukan TNI-Polri? Berikut ulasannya.

Penyelamatan kedepankan dialog

Dalam operasi penyelamatan Philip Mark Mehrtens, TNI menggunakan metode dengan mengedepankan dialog.

Hal itu disampaikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa. Meski begitu, kata dia, upaya dengan metode soft approach itu tetap memiliki batas waktu.

Libatkan tokoh masyarakat dan pemuka agama

Dalam merode dialog yang dilakukan pemerintah dalam upaya pembebasan Philip Mark Mehrtens, TNI turut menganggandeng sejumlah pihak, yakni tokoh masyarakat dan pemuka agama.

Pelibatan pihak-pihak tersebut diharapkan bisa memudahkan upaya pembebaskan Philips karena mengedepankan aspek kultur dan religi anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).


"Masih dilakukan pendekatan dialog atau soft approach yang dilakukan oleh tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Nduga," kata Saleh dalam video yang diterima awak media, pada Kamis (16/2/2023).

Polri pakai pendekatan kearifan lokal

Sementara TNI melibatkan tokoh masyarakat dan pemuka agama, Polri menggunakan pendekaran kearifan lokal dalam upaya pembebasan Philips.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi prasetyo mengatakan, pendekatan kearifan lokal digunakan untuk memudahkan proses negosiasi dengan KKB.

"Dari teknis komunikasi saya rasa Satgas Damai Cartenz yang paling paham tentang situasi di sana ya. Pendekatan-pendekatan soft approach apa yang dilakukan, apalagi Kapolda adalah warga asli sana, Papua," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo pada wartawan pada Kamis (16/2/2023).

Tunjuk perwira sebagai pemimpin operasi

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, TNI dan Polri sudah Menyusun rencana untuk upaya penyelamatan Philips.

TNI dan Polri masing-masing juga telah memilih perwira dan prajurit terbaiknya untuk ikut dalam operasi penyelamatan tersebut.

"Kita sudah siap segala prajurit baik anggota TNI dan Polri yang terpilih dan terseleksi yang nantinya akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang saya sampaikan tadi, terpilih terukur dan terarah," imbuh Saleh.

TNI dan Polri juga sudah menunjuk perwira terbaiknya untuk menjadi pemimpin operasi ini. Danrem 172/PWY Brigjen Juinta Omboh Sembiring telah ditunjukn sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) untuk memimpin prajurit TNI dalam operasi ini.

Sementara Polri menunjuk Komandan Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani untuk memimpin operasi penyelamatan tersebut.

"Operasi penegakan hukum ini tentunya bersama Polri. Nantinya operasi ini berkolaborasi dan bersinergi dengan Satgas Damai Cartenz. Secara teknis dan taktis sudah dipersiapkan," kata Saleh.

Amankan Bandara Paro

Dalam operasi penyelamatan Philips, salah satu yang menjadi target TNI adalah mengamankan Bandara Paro di Kabupaten Nduga, Papua.

Pada Kamis (16/2/2023) TNI telah berhasil mengamankan bandara tersebut, seperti disampaikan Komandan Resor Militer 172/PWY Brigadir Jenderal TNI Juinta Omboh Sembiring.

Menurut dia, Bandara Pro telah berhasil diamankan oleh anggota Satgas Damai Cartenz dan Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) TNI Angkatan Udara.

Adapun Bandara Paro merupakan lokasi pembakrn pesawat Susi Air Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pimpinan Egianus Kogoya.

“Saat ini situasi di Paro Nduga sudah tidak ada masyarakat, tetapi Bandara sudah diamankan dan bisa digunakan," kata Juinta dalam keterangan resminya dikutip dari suara.com